Langkah Mudah untuk Menyiapkan Coto ayam khas makassar, Enak

Coto ayam khas makassar. Coto Makassar autentik siap dihidangkan dengan bahan pelengkap. Nggak cuma coto lhor yang khas dari Makassar. Masih banyak aneka resep masakan khas Makassar yang tak kalah lezat.

Beberapa di antaranya lada, ketumbar, jintan, kemiri, pala, lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk purut, daun kunyit, daun serai, daun seledri, dan sebagainya. Resep Coto Makassar – Berbicara kuliner Nusantara, seakan tidak pernah ada habisnya ya bun. Mengingat Indonesia sendiri memiliki ribuan bahkan jutaan kuliner yang tersebar ke seluruh pelosok.

Sedang mencari ide resep coto ayam khas makassar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal coto ayam khas makassar yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Coto Makassar autentik siap dihidangkan dengan bahan pelengkap. Nggak cuma coto lhor yang khas dari Makassar. Masih banyak aneka resep masakan khas Makassar yang tak kalah lezat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari coto ayam khas makassar, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan coto ayam khas makassar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan coto ayam khas makassar sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Coto ayam khas makassar memakai 26 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Coto ayam khas makassar:

  1. Ambil 1/2 kilo ayam.
  2. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  3. Sediakan 2 lembar daun salam.
  4. Siapkan 1/2 sendok teh pala bubuk.
  5. Ambil Secukupnya merica bubuk.
  6. Siapkan Secukupnya kaldu ayam.
  7. Ambil Secukupnya garam.
  8. Gunakan Secukupnya gula merah.
  9. Siapkan 2 sendok makan air asam jawa.
  10. Siapkan Secukupnya Air.
  11. Siapkan Minyak untuk menumis bumbu.
  12. Ambil Bumbu halus.
  13. Sediakan 250 gram kacang tanah.
  14. Gunakan 8 siung bawang merah.
  15. Gunakan 5 siung bawang putih.
  16. Gunakan 2 btang serai.
  17. Ambil 1 ruas lengkuas.
  18. Sediakan 1 ruas jahe.
  19. Gunakan 2 butir kemiri.
  20. Gunakan Bumbu pelengkap.
  21. Gunakan Daun bawang.
  22. Gunakan Daun seledri.
  23. Siapkan Bawang goreng.
  24. Sediakan Jeruk nipis.
  25. Sediakan Kecap.
  26. Gunakan Sambel.
Baca juga :  Resep Coto Makassar yang Bisa Manjain Lidah

Menariknya, kuliner-kuliner tersebut mampu menyajikan rasa yang khas dan berbeda dari setiap daerah. Salah satu kuliner tanah Mie titi adalah makanan khas Makassar yang tak kalah populer dari coto makassar maupun sop konro. Mie titi berupa mie kering yang disiram dengan kuah kental dari telur, air dan tepung maizena. Di dalam kuahnya, ada berbagai campuran seperti daging ayam, bakso, udang, kubis, sawi, daun seledri dan bumbu-bumbu lainnya.

Cara menyiapkan Coto ayam khas makassar:

  1. Cuci bersih ayam dan potong kecil kecil.
  2. Rebus daging ayam sampai empuk.
  3. Haluskan bumbu halus, kemudian masukkan kedalam minyak, masukkan daun salam dan daun jeruk tnggu sampai bumbu kering (sisa bumbu halus dan minyak).
  4. Campurkan bumbu halus kedalam rebusan daging ayam, tambahkan pala bubuk, merica, air asam, gula merah, kaldu dan garam. Cek rasa.
  5. Jika sudah tercampur angkat dan coto ayam siap disajikan..
  6. Tambahkan bumbu pelengkap supaya lebih nikmat….

Makanan khas Makassar, Sulawesi Selatan ini memang menjadi salah satu soto nusantara yang enak untuk dinikmati. Bayangkan saja, kuah kental asal kacang serta aroma kaldu sapi menjadi satu, yumm, sangat lezat! Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan coto ayam khas makassar yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Comment