Cara Cek iPhone Serial Number Melalui Finder Atau iTunes, Dial, Menu Setting dan Website – Cirikhas

Cara Cek iPhone Serial Number

Cirikhas.com, iPhone — Cara cek iPhone Serial Number sangatlah mudah untuk Anda lakukan sendiri. Setiap produk iPhone memiliki nomor seri yang menjadikan identitas paling penting pada smartphone tersebut.

Hal ini karena sangat berguna untuk mengklaim garansi apabila suatu saat terjadi kerusakan baik dari sistem maupun kerusakan dari penggunaan pribadi.

Manfaat lain dari adanya nomor seri iPhone ini adalah untuk memeriksa atau memastikan bahwa iPhone yang Anda miliki bukan produk palsu dan terjamin keasliannya. 

Semakin banyaknya kasus tersebut tentunya wajib kamu waspadai sebagai pengguna iPhone, khususnya yang ingin membeli iPhone bekas. 

Anda perlu waspada terhadap produk yang palsu.

iPhone Serial Number, Untuk Apa?

Sebagai pengguna iPhone, kamu harus pahami beberapa hal terkait originalitas via Serial Number hingga masa garansi dan dukungan telpon pada iPhone yang kamu gunakan. 

Dimana serial number iPhone? Secara singkat, kamu bisa mendapatkan serial number ini melalui menu setting pada perangkat HP iPhone kamu.

Pengecekan ini bisa kamu lakukan jika iPhone tersebut sudah kamu pakai, Untuk beberapa langkahnya, kamu tinggal mengikuti beberapa petunjuk berikut ini:

  • Buka Settings pada iPhone kamu >
  • Lalu, masuk pada menu General >
  • Setelah itu, lihat serian namber pada opsi About

Perlu kamu pahami, produsen Apple memberikan garansi waktu terbatas (1 tahun) untuk semua perangkatnya yang dibeli di toko Apple atau toko resmi. Jadi, kita mengenal istilah Apple authorized reseller yang menjual produk Apple resmi. 

Maskipun demikian, kamu harus tetap melakukan pemeriksaan ulang apakah iPhone yang kamu beli memiliki garansi atau tidak, Untuk itu, kamu perlu mengetahui nomor seri (serial number) seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya.

Nantinya, akan terlihat deretan Serial Number, Nomor tersebut juga dicetak pada kotak kemasan iPhone pada saat kamu membeli perangkat iPhone baru.

Selanjutnya, iPhone Serial Number tersebut bisa kamu buka melalui situs https://checkcoverage.apple.com/us/en. atau bisa baca artikel Cara Cek Coverage iPhone.

Kemudian, masukkan Serial Number yang sudah kamu dapatkan (Jangan sampai salah memasukkan serial number iPhone). 

Jika iPhone yang sedang kamu cek tersebut asli maka pada layar iPhone tersebut akan menampilkan informasi seperti model iPhone, masa garansi, status dukungan telepon, dan lainnya. 

Namun, jika iPhone tersebut palsu maka kamu tidak akan menemukan satu atau lebih informasi di atas.

Jadi, penting untuk kamu paham kegunaan dari Serial Number iPhone ini. Selain cara singkat yang admin jelaskan, kamu juga bisa mengecek Serial Number ini dengan beberapa cara lainnya. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasannya berikut ini.

Cara Cek Iphone Serial Number Paling Mudah

Cek iPhone Serial Number

Penyebutan mengenai nomor seri ini juga biasa dikenal dengan istilah Mobile Equipment Identity atau dapat disingkat menjadi IMEI oleh banyak pengguna iPhone. 

Namun faktanya banyak pengguna yang masih belum mengetahui bagaimana cek seri pada iPhone mereka. 

Penting untuk kamu memahami fungsi serial Number pada iPhone ini. Berikut cara cek iPhone Serial Number paling gampang:  

1. Cara Cek iPhone Serial Number Dengan Finder Atau iTunes

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan informasi megenai nomor seri yaitu dengan menggunakan bantuan finder atau iTunes. 

Adanya aplikasi tersebut sangatlah berguna karena terdapat banyak fitur yang berfungsi untuk hal apa saja, salah satunya yang paling dikenal yaitu dapat mengetahui informasi mengenai nomor seri. 

  • Langkah langkahnya pun sangat mudah untuk dilakukan yaitu Anda hanya perlu menghubungkan iPhone Anda ke laptop atau personal computer dengan menggunakan bantuan kabel data. 
  • Setelah itu pilih opsi library, 
  • Pada menu tersebut akan menampilkan informasi mengnai iPhone yang Anda miliki termasuk nomor seri.

2. Cek Dengan Kode Dial

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui nomor seri iPhone adalah dengan memanfaatkan adanya kode dial. 

Tutorial ini dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan panggilan telepon. Dengan cara ini terbukti kalau paling praktis apabila dibandingkan dengan cara cara yang ada pada artikel ini.

Tahapan yang perlu Anda lakukan sangatlah gampang, 

  • Anda hanya perlu masuk ke fitur panggilan terlebih dahulu. 
  • Setelah itu masukan kode dial yaitu *#06# 
  • Lalu klik panggil atau OK. 
  • Selanjutnya akan secara otomatis muncul informasi lengkap tentang iPhone Anda termasuk juga informasi tentang nomor seri iPhone Anda.

3. Cek Dengan Menu Setting

Cara Cek iPhone serial number selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui nomor seri sangatlah mudah, yaitu dengan melihat informasi yang terdapat dapat menu setting. 

  • Tahapan pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mencari menu setting terlebih dahulu yang ada pada iPhone Anda.
  • Apabila telah berhasil ditemukan, pilihlah ke menu tersebut. 
  • Di dalam bagian menu akan menampilkan berbagai fitur untuk menemukan berbagai informasi iPhone Anda. 
  • Anda perlu pilih menu “umum” atau “general” 
  • Lalu pilih opsi “tentang” atau “about”. 
  • Di bagian menu tersebut akan muncul informasi tentang nomor seri iPhone yang Anda miliki.
  • Selesai

4. Cek Melalui Website Resmi

Cara terakhir untuk mengetahui nomor seri iPhone dapat dilakukan secara online dengan menggunakan bantuan website resmi yang telah dikembangkan oleh perusahaan Apple yaitu appleid.apple.com

Untuk penerapan cara tersebut, Anda diharuskan untuk terlebih dahulu login dengan memasukan ID Apple.

  • Tahapan tahapan yang harus Anda lakukan yaitu dengan membuka terlebih dahulu websitenya. 
  • Apabila telah berhasil, login dengan ID Apple Anda. 
  • Apabila telah berhasil login, silahkan scroll kebawah. 
  • Pada menu paling bawah akan menunjukkan informasi tentang nomor seri iPhone yang Anda miliki.

Kesimpulan

Demikian artikel yang membahas mengenai Cara Cek iPhone Serial Number. Tutorial yang sudah dijelaskan diatas sangatlah mudah dan untuk Anda praktekan sendiri di rumah. 

Peting bagi setiap pengguna iPhone mengethaui Serial Number ini. Dengan begitu, pengguna iPhone akan mengetahui banyak hal terkait dengan perangkat yang mereka gunakan.

Oh ya, kamu juga bisa mendapatkan informasi tentang iPhone lainnya berikut ini: 

Dengan adanya artikel ini diharapkan dapat membantu Anda khususnya untuk mengetahui serial number pada iPhone. Sekian, saya ucapkan banyak terimakasih.

Leave a Comment