Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal (Update 2022)

Lagi bingung karena TV LED kamu tiba tiba bergaris vertikal ? Kamu tidak perlu khawatir ini dia cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal.

Tidak hanya cara mengatasi TV LED bergaris vertikal saja namun saya juga akan memberikan penyebabnya.

Untuk informasi cara mengatasi dan juga penyebab terjadinya TV LED bergaris bisa lihat dibawah ini.

Penyebab TV LED LG Gambar Bergaris Vertikal

Mungkin diantara kita jika terjadi kerusakan pada TV terutama pada layar yang bergaris pasti langsung memvonis pasti layarnya yang rusak.

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa penyebab TV LED bergaris vertikal, Beberapa di antara penyebabnya sebagai berikut :

  • Kabel Input Tidak Terhubung dengan Benar

Semua pasti tahu bahwa jika melakukan sesuatu hal tidak benar maka akan ada dampaknya, sama juga dengan TV bergaris vertikal.

Salah satu penyebab TV bergaris vertikal adalah karena kabel input tidak terpasang dengan benar namun harus dipastikan dengan benar.

Kamu harus memastikan bahwa garis vertikal yang timbul di layar TV bergerak atau tidak, jika garis vertikal tersebut bergerak maka kamu bisa memastikan bahwa hal ini terjadi karena ada kabel yang tidak terhubung dengan benar.

  • Layar Mengalami Kerusakan

Penyebab kedua adalah karena layar atau panel TV mengalami kerusakan, sebelum memastikan panel TV atau layar TV yang rusak kamu harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Jika sudah melakukan pemeriksaan yang ternyata memang yang mengalami kerusakan adalah panel TV atau layar TV maka kamu bisa melakukan penggantian.

Silahkan lakukan penggantian layar TV atau panel TV dengan menggunakan Jenis, Tipe dan juga ukuran yang sama dengan layar TV yang lama.

Jika kamu salah dalam melakukan pergantian layar TV (beda Tipe dan juga Ukuran) maka bisa dipastikan tidak akan cocok.

  • Kabel Flat tidak Terhubung ke Board T Con

Salah satu penyebab kenapa TV bergaris adalah kabel flat tidak terhubung ke board Con sehingga mengakibatkan TV bergaris.

Atau bisa juga karena kabel flat tidak terhubung dengan benar sehingga layar TV kamu bergaris.

  • Modul T Con Mengalami Kerusakan

Penyebab yang selanjutnya adalah Modul T Con mengalami kerusakan, sebelum memvonis modul T Con yang mengalami kerusakan kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Modul T Con biasanya menyatu dengan panel atau layar namun ada juga modul T Con yang terpisah dengan Panel atau layar.

  • IC COF Mengalami Kerusakan

IC COF juga merupakan salah satu penyebab kenapa TV bisa bergaris vertikal, sebenarnya buka IC COF yang rusak namun hanya IC yang tidak terhubung dengan benar ke panel.

Ada beberapa penyebab kenapa IC bisa longgar, yang pertama karena terlalu panas dan yang kedua karena kabel Flexible terlipat.

Nah untuk cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal kamu bisa lihat di bawah ini.

Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Vertikal

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa TV LED bergaris vertikal sekarang kamu harus tahu bagaimana cara memperbaikinya. Yuk simak cara memperbaikinya di bawah ini.

  • Jika Kabel Input Tidak Terhubung

Salah satu cara mengatasi TV LED bergaris vertikal adalah dengan melakukan pengecekan kabel input terlebih dahulu.

Cara ini berlaku untuk TV bergaris bergerak, yang artinya garisnya tidak menetap dan terus bergerak.

Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan kabel input terlebih dahulu, biasanya kabel input yang berpengaruh adalah kabel HDMI, Video, PC, Sound dan yang lainnya.

  • Jika Kabel Flat Tidak Terhubung ke Board T Con

Jika kabel input tidak bermasalah kamu bisa melakukan pengecekan kabel flat yang terhubung ke Board T Con.

Pastikan kabel ini terhubung dengan dengan baik dengan board T Con, jika kabel flat dan juga board tidak terhubung dengan benar maka bisa menyebabkan TV kamu bergaris.

Silahkan kamu periksa dan juga pastikan bahwa kabel flat terhubung dengan baik ke boar T Con.

Cara mengatasi TV LED bergaris berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada IC COF apakah terhubung dengan panel atau malah mengalami kelonggaran.

Jika mengalami kelonggaran kamu bisa menyambungkan atau memanaskannya kembali dengan menggunakan solder atau bisa juga dengan Blower akan tetapi kamu harus berhati hati karena IC sangat rapuh.

Cara yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti panel atau layar yang rusak dengan panel yang baru.

Jika sudah dipastikan bahwa yang mengalami kerusakan adalah panel TV maka kamu bisa melakukan penggantian panel.

Perlu kamu ingat bahwa jika mengharuskan mengganti panel TV silahkan kamu ganti dengan menggunakan panel yang sama dengan yang lama.

Nah itulah tadi beberapa cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal yang bisa saya berikan, semoga informasi penyebab dan juga cara mengatasi TV LED bergaris ini dapat berguna untuk kamu.

Leave a Comment