Jenis Jenis Kalimat Majemuk Setara Berdasarkan Konjungsi

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas dua klausa atau lebih. Klausa adalah  penggabungan kata yang terdiri atas  subjek dan predikat. Klausa biasanya dilengkapi dengan  menggunakan objek, pelengkap, dan keterangan. Sehingga, bisa  ditarik kesimpulannya bahwa klausa lebih lengkap dibandingkan dengan frasa. Akan tetapi , klausa belum menjadi sebuah kalimat karena  tidak mempunyai  intonasi akhir.

Pada bab ini, kalimat majemuk yang dibahas adalah kalimat majemuk setara. Klausa-klausa yang menyusun kalimat majemuk dihubungkan dengan kata penghubung atau yang disebut juga konjungsi. Berdasarkan konjungsi yang digunakan, kalimat majemuk setara dapat dibagi menjadi 5 kelompok

1. Kalimat Majemuk Setara Penggabungan

Kalimat majemuk setara penggabungan merupakan kalimat majemuk yang menggunakan kata dan sebagai konjungsinya. Adapun bentuk kalimat majemuk setara ini sendiri adalah sebagai berikut!

Ayah pergi ke kantor dan ibu pergi ke pasar.

2. Kalimat Majemuk Setara Penguatan atau Penegasan

Kalimat majemuk setara penggabungan merupakan kalimat majemuk setara yang menerangkan penguatan atau penegasan suatu hal dengan kata bahkan sebagai konjungsinya. Misalnya:

Tak hanya hari ini, bahkan kemarin pun antrean loket itu selalu saja penuh.

3. Kalimat Majemuk Setara Pemilihan

Jenis kalimat majemuk setara pemilihan sama dengan kalimat majemuk setara memilih yang merupakan salah satu diantara jenis-jenis kalimat majemuk setara berdasarkan pola kalimatnya. Adapun letak persamaan keduanya terletak pada penggunaan kata atau sebagai konjungsi bagi kedua kalimat tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut.

Adik mau dibelikan tas sekolah baru atau sepatu sekolah baru..

4. Kalimat Majemuk Setara Pertentangan

Kalimat majemuk setara pertentangan/berlawanan juga mempunyai kesamaan dengan salah satu jenis kalimat majemuk setara berdasarkan pola kalimatnya, yaitu kalimat majemuk setara mempertentangkan. Hanya saja, kalimat majemuk setara berlawanan hanya menggunakan kata sedangkan sebagai konjungsinya. Sementara itu, kalimat majemuk setara mempertentangkan menggunakan kata tetapi, melainkan, dan hanya sebagai konjungsi yang dipakainya. Contohnya adalah sebagai berikut

Udin tidak pandai belajar matematika, tetapi dia sangat mahir berbahasa Inggris.

5. Kalimat Majemuk Setara Urutan Waktu

Jenis-jenis kalimat majemuk setara berdasarkan konjungsinya yang terakhir adalah kalimat majemuk setara urutan waktu. Kalimat majemuk ini menggunakan kata kemudian, lalu, dan lantas sebagai konjungsinya. Adapun contoh-contohnya antara lain:

Budi menempelkan prangko di amplop surat, lalu membawakannya ke Kantor Pos.

Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini.

1. Kami bersuku Batak dan bermarga Siregar

SubjekPredikatObjekKonjungsiPredikatObjek
KamibersukuBatakdanbermargaSiregar

2. Sani menyalakan kipas angin, tetapi Kak Lita mematikannya

SubjekPredikatObjekKonjungsiSubjekPredikatObjek
Sanimenyalakamkipas angintetapiKak Litamematikan-nya

3. Tigor suka menyiram tanaman karena Tigor suka bermain air

SubjekPredikatObjekKonjungsiSubjekPredikatObjek
Tigorsuka menyiramtanamankarenaTigorsuka bermainair

Kalian bisa melihat bahwa ketiga kalimat itu dapat diuraikan menjadi dua kalimat terpisah. Kalimat seperti itu disebut kalimat majemuk. Kalimat majemuk adalah kalimat yang dibentuk dengan cara menggabungkan dua kalimat atau lebih. Untuk menyambungkan antarkalimat penyusun ini, biasanya digunakan kata hubung atau konjungsi. 

Pada contoh-contoh di atas, kedua kalimat penyusun memiliki kedudukan yang sederajat. Keduanya dapat menjadi kalimat sendiri kalau konjungsi dihilangkan. Kalimat majemuk yang seperti ini disebut kalimat majemuk setara. 

Konjungsi yang biasa dipakai dalam kalimat majemuk setara antara lain adalah dan (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya sama), tetapi (untuk menghubungkan kalimat yang situasinya berlawanan), sehingga (untuk menghubungkan kalimat yang merupakan sebabakibat), dan lain-lain. 

Di bawah ini ada beberapa kalimat yang bisa kalian jadikan bahan latihan. Gabungkanlah dua kalimat berikut ini menjadi satu kalimat majemuk menggunakan konjungsi yang tepat. Tuliskan di buku kalian, ya!

1. Siwi mematikan lampu. + Kak Lita mencabut steker.

SubjekPredikatObjekKonjungsiSubjekPredikatObjek
SiwimematikanlampudanKak Litamencabutsteker

2. Abdul selesai menonton televisi. + Abdul lupa mematikan televisi.

SubjekPredikatObjekKonjungsiSubjekPredikatObjek
Abdulselesai menontontelevisinamunAbdullupa mematikantelevisi

4. Kak Lita membuka jendela lebar-lebar. + Udara segar memasuki kamar.

SubjekPredikatObjekKeteranganKonjungsiSubjekPredikatObjek
Kak Litamembukajendelalebar-lebarsupayaudara segarmemasukikamar

Demikian pembahasan mengenai Jenis Jenis Kalimat Majemuk Setara Berdasarkan Konjungsi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud

Leave a Comment