Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan

Tujuan Pembelajaran kali ini adalah peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri terjadinya jual beli. Mengidentifikasi aktivitas ekonomi yang terjadi pada kegiatan jual beli. Memahami proses terjadinya kegiatan ekonomi dalam kegiatan jual beli. Menentukan peran produsen, distributor, dan konsumen dalam alur kegiatan ekonomi.

Pada topik ini peserta didik akan mengenal jual beli sebagai salah satu cara pemenuhan kebutuhan dan kegiatan ekonomi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan melalui pengamatan sederhana akan melatih kemampuan analisis peserta didik dalam mengidentifikasi syarat terjadinya kegiatan jual beli. Kegiatan ini juga melatih peserta didik untuk berinteraksi dengan orang lain di luar teman dan gurunya.

Setelah itu peserta didik akan belajar mencari informasi secara mandiri terkait urutan kegiatan ekonomi melalui kegiatan identifikasi dan literasi. Dari informasi yang didapatkannya, peserta didik akan belajar berdiskusi dan guru dapat membantu dengan menguatkan pemahaman serta meluruskan miskonsepsi. Kemudian dari pemahaman tersebut peserta didik akan diajak berpikir kritis melalui kegiatan refleksi serta diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari

Pernahkah kalian pergi ke pasar? Percakapan di atas merupakan gambaran jual beli yang dilakukan oleh manusia sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan hidupnya. Ibu Mira membutuhkan sayuran untuk dimasak sebagai makanan. Ibu Mira berperan sebagai pembeli. Penjual sayur berperan sebagai yang menjual kebutuhan atau penjual. Pasar sendiri adalah tempat jual beli. Namun, ada juga barang yang tidak dapat ditawar. Biasanya ini terjadi pada barang yang sudah mencatumkan harga di kemasannya. Biasanya ini ada di supermarket atau pusat perbelanjaan

Mari Mencari Tahu

Mari kita lakukan pengamatan! Carilah 5 tempat lain atau lebih yang memiliki kegiatan jual beli lainnya di sekitar kalian.

1. Apa ciri-ciri kegiatan jual beli yang tampak oleh kalian?

2. Apa saja barang-barang yang diperjual belikan?

3. Salin tabel seperti contoh berikut pada buku tugas kalian.

No.Nama TempatCiri Ciri Kegiatan Jual BeliYang Diperjualbelikan
1.Pasar Tradisional
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur- sayuran, telur, daging, kain, barang elektronik, jasa, dll.
2.Mini Market
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Tidak adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Harga pada setiap barang sudah tertera.
Menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur- sayuran, telur, dan daging.
3.Warung
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Bermacam kebutuhan sehari-hari seperti minyak, sayuran, beras, tepung, gula dan lain sebagainya
4.Toko Buku
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Tidak adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Harga pada setiap barang sudah tertera.
Berbagai jenis buku dan perlengkapan sekolah seperti tas dan alat tulis
5.Pasar Hewan
  1. Ada barang atau jasa yang diperjualbelikan,
  2. Adanya proses permintaan dan tawar menawar,
  3. Transaksi terjadi ketika ada kesepakatan antaran penjual dan pembeli.
Hewan seperti kambing, ayam, itik, kelinci, dan bebek

4. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan diskusi

Kesimpulan :

Alasan terjadinya jual beli adalah karena adanya keterbatasan kebutuhan dan tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya sendiri.

Kegiatan Ekonomi

Tidak semua kebutuhan dapat langsung kita beli begitu saja. Terkadang butuh suatu proses sampai barang atau jasa itu sampai ke tangan kita. Proses membuat (produksi), dikirimkan (distribusi) lalu digunakan (konsumsi).

ekonomi

Kegiatan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sangat beragam. Ada yang bekerja di sawah, ladang, berjualan di pasar, bekerja di kantor, bekerja di pabrik, maupun pengemudi kendaraan. Semua bentuk kegiatan itu dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kegiatan Produksi

1. Kegiatan Produksi

Produksi merupakan kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contoh kegiatan produksi antara lain pabrik sepatu, perajin anyaman, dan penjahit pakaian. Kegiatan petani mulai dari menanam, memanen sampai mengolah gabah jadi beras merupakan kegiatan produksi. 

Kegiatan produksi tidak hanya memproduksi barang saja, tetapi juga jasa. Guru, penerjemah, dosen, jaksa adalah contoh kegiatan produksi jasa. Orang yang melakukan kegiatan produksi disebut produsen.Proses kegiatan produksi memiliki 3 tahapan:

2. Kegiatan Distribusi

Kegiatan penyaluran barang maupun jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut sebagai distributor. Adapun lembaga-lembaga yang menjadi pelaku distribusi seperti agen, pedagang besar atau grosir, dan pengecer.

3. Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya kita membeli tahu di pasar. Tahu tersebut kemudian diolah menjadi masakan untuk dikonsumsi. Dengan demikian kita telah melakukan kegiatan konsumsi.

Selain makan dan minum, kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia adalah menggunakan telepon, membeli pakaian, membeli alat-alat tulis, dan membeli barang elektronik. Orang yang melakukan kegiatan konsumsi disebut konsumen.

Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Tujuannya adalah:

  1. Untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan memanfaatkan sumber daya.
  2. Untuk membantu sesama manusia. 
  3. Meningkatkan mutu dan jumlah produksi. 
  4. Mencari keuntungan atau laba

Lakukan Bersama

Kalian telah mengetahui tempat-tempat terjadinya jual beli, bukan? Sekarang belajar lebih lanjut kegiatan ekonomi yang terjadi di tempat jual beli. 

  1. Berkelompoklah dengan 3 orang teman kalian!
  2. Kalian boleh melakukan pengamatan ke warung atau pun supermarket terdekat. Amati kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi yang terjadi dan buatlah catatan kecil.
  3. Diskusikan hasil pengamatan kalian dan tuangkan kegiatan ekonomi yang kalian lihat dalam bentuk mind map atau peta pikiran. Berikan gambar pendukung untuk membuat mind mapkalian lebih menarik dan mudah dipahami.
  4. Guru kalian akan memandu untuk kegiatan presentasi.

Peta Pikiran

Mari Refleksikan

1. Menurut kalian, apa syarat terjadinya jual beli?

Ada keterbatasan kebutuhan, tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri, dsb.

2. Menurutmu, bagaimana caranya untuk memenuhi kebutuhan apabila barang atau jasanya tidak tersedia dari lingkungan sekitar kita?

Mencari dari tempat lain, membeli dari warung atau tempat jual beli lainnya,membeli di marketplace atau toko daring.

3. Apa saja proses yang terjadi pada kegiatan ekonomi yang ada di sekitarmu?

Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

4. Apakah kamu pernah berperan menjadi produsen, distributor, atau konsumen? Jelaskan!

Saya pernah berperan sebagai konsumen ketika membeli peralatan tulis di toko buku.

 5. Setelah mempelajari alur kegiatan ekonomi, bagaimana sebaiknya kamu bersikap terhadap barang-barang yang kamu pakai?

Kita harus dapat lebih berhemat, mencari alternatif kebutuhan, dsb.

Demikian pembahasan mengenai Kegiatan Jual Beli Sebagai Salah Satu Pemenuhan Kebutuhan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas IV, Kemendikbud

Leave a Comment