Matematika Kelas IV Garis Tegak Lurus

Garis merupakan himpunan titik-titik yang anggotanya terdiri lebih dari satu buah titik. Yang mana titik-titik tersebut berderet ke-2 arah yang saling berlawanan sampai jarak yang jauh tidak terhingga. Model atau representasi suatu garis misalnya seperti seutas benang atau tali lurus yang  bisa dipanjangkan kedua arah yang berlawanan sampai jauh tidak terhingga.Garis hanya memiliki ukuran panjang. Setiap titik diberi nama menggunakan satu buah huruf kapital, sementara untuk garis diberi nama menggunakan huruf kecil seperti g, h, k,l dan seterusnya, atau dua buah huruf kapital seperti AB, AC, BC, CD, dan seterusnya.

Dalam ilmu matematika, garis dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis.  Salah satunya adalah garis tegak lurus. Garis tegak lurus merupakan garis yang saling berpotongan dan pada titik potongnya membentuk sudut siku-siku sebesar 90°. Lambang sudut siku-siku adalah ⦜.

Istilah geometri yang telah dipelajari adalah nama-nama bentuk seperti garis lurus, sisi, puncak sudut, sudut, sudut siku-siku, segiempat, segitiga, bujur sangkar, dan persegi panjang. Namun, berbeda dengan sebelumnya, istilah tegak lurus dan sejajar yang dipelajari di sini adalah istilah yang mendeskripsikan hubungan posisi antara dua garis lurus.

Dalam memahami hubungannya, pada umumnya dikatakan sulit. Penguasaan konsep tegak lurus juga tidak dilakukan dengan hanya mengamati pengantarnya. Konsep tersebut dibentuk dengan cara mengonfirmasi hubungan antara perpotongan dua garis lurus menggunakan busur derajat atau penggaris segitiga pada bidang bujur sangkar/persegi panjang atau melipat kertas, atau dengan menggambarnya

Garis tegak Lurus

Jika dua garis lurus berpotongan pada sudut siku-siku, maka kedua garis lurus tersebut disebut tegak lurus. Sekalipun dua garis lurus tidak berpotongan, tapi disaat salah satu garis lurus dipanjangkan akan memotong garis lurus lainnya pada sudut siku-siku, maka itu dikatakan sebagai tegak lurus.

1. Ayo, eksplorasi segiempat pada E halaman 56

(Mencari tahu bagaimana garis lurus berpotongan menggunakan busur derajat. Mari kita gunakan busur derajat untuk mencari  tahu pada sudut berapa kedua garis lurus itu  berpotongan.)

① Pada sudut berapa garis ① dan ④ berpotongan?

Perpotongan garis lurus (1) dan (4) memiliki sudut 62° dan 118°.

② Pada sudut berapa garis ② dan ③ berpotongan? Ukurlah sudut f, g, g dan i.

Garis lurus (2) dan (3), keempatnya bersudut 90° dan berpotongan pada sudut siku-siku.

2. Gambar di samping menunjukkan sebuah simbol kantor pos di Peta Jepang.

Tegak lurus berarti hubungan posisi antara dua garis lurus, yaitu keadaan saat dua garis lurus berpotongan pada sudut siku-siku, dan bahwa sudut siku-siku adalah sudut itu sendiri yang terbentuk ketika dua garis lurus berpotongan.

Tegak Lurus

① Pada sudut berapakah garis b dan c berpotongan?

Sudut 90°

② Jika garis c diperpanjang, sudut apa yang dibentuk garis a dan garis c ?

Garis tegak lurus (B dan C saling tegak lurus A dan C saling tegak lurus)

Suatu garis yang diperpanjang memotong secara tegak lurus garis yang lain, meskipun kita tidak mengetahui titik perpotongannya, maka kedua garis tersebut tetap saling tegak lurus.

3. Garis-garis manakah yang saling tegak lurus?

Tegak

Garis pada gambar 1, 2, dan 4 saling tegak lurus (Gambar 4 meskipun tidak berpotongan, keduanya saling tegak lurus karena garis lurus didefinisikan sebagai “garis yang memanjang lurus sejauh apapun itu”.)

4. Ayo, carilah garis-garis yang saling tegak lurus pada segiempat di halaman 60

(Menemukan bagian yang tegak lurus dalam segiempat yang sudah dibuat pada jam pertama)

Tegak Lurus

5. Ayo, lipatlah kertas untuk membuat garis-garis tegak lurus.

Melipat kertas

Ayo, Temukan Garis Tegak Lurus

Dengan menggunakan garis yang dilipat pada 5 dan penggaris segitiga, ayo, temukan garis tegak lurus.

6. Ayo, eksplorasi bagaimana membuat garis tegak lurus.

  • Cara menggambar Yosef. Pertama, gambar garis lurus pertama dan tentukan titik perpotongannya. Selanjutnya, ukur sudut 90° menggunakan busur derajat untuk menentukan arah garis lurus kedua. Kedua garis lurus berpotongan di sudut siku-siku.
  • Cara menggambar Kadek. Pertama, gambar garis lurus pertama dan tentukan titik perpotongannya. Selanjutnya, dengan menggunakan sudut penggaris segitiga 90°, ditentukan arah garis lurus kedua sehingga memotong garis lurus pertama pada sudut 90°. Kedua garis lurus berpotongan di sudut siku-siku.
  • Cara menggambar Farida. Terdapat petak/grid sehingga garis vertikal dan horizontal berpotongan pada sudut siku-siku. Oleh karena itu, tarik sepasang dua garis lurus sehingga keduanya berpotongan. Dua garis lurus yang berpotongan di sudut siku-siku.

7.  Gambarlah suatu garis yang:

(Memikirkan cara menggambar garis tegak lurus ketika satu titik ditentukan pada garis lurus atau ketika satu titik ditentukan di luar garis lurus)

Kadek

① Melewati titik A dan tegak lurus dengan garis a.

② Melewati titik B dan tegak lurus dengan garis a.

Latihan

Garis-garis mana saja yang saling tegak lurus?

Soal Latihan

Garis a dan g, dan b dan e karena kedua garis lurus berpotongan pada sudut siku-siku, maka kedua garis lurus tersebut disebut tegak lurus.

Demikian pembahasan mengenai Matematika Kelas IV Garis Tegak Lurus. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Matematika Kelas IV Kurikulum Merdeka, Kemendikbud

Leave a Comment