Mengamati dan Menggambar Denah | Cirikhas.com

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Bab III Lihat Sekitar terdapat kegiatan mengamati dan menggambar denah.  Melalui kegiatan mengamati denah, peserta didik dapat mengidentifikasi objek dan lokasi, serta mendeskripsikan cara mencapainya dengan tepat.

Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya; peta atau gambar rancangan (rumah, bangunan, dan sebagainya). Denah merupakan sebuah peta berukuran kecil yang menunjukkan dan menggambarkan detail lokasi dari suatu tempat. Denah dibuat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti tersesat, apalagi jika kamu belum pernah menuju lokasi tersebut, pastinya akan banyak mengalami kesulitan..

Denah dibuat untuk memudahkan pengguna melacak lokasi. Jika peta memiliki area yang lebih besar, denah hanya mencakup area satu daerah. Denah dikelompokan menjadi denah sederhana dan denah desian kompleks,Jenis denah sederhana ini memiliki definisi denah yang telah dibuat dalam bentuk praktis dan belum dipublikasikan secara resmi. Contoh: denah kelas dan tempat duduk siswa. Jenis denah desain kompleks bertujuan menciptakan bangunan atau lokasi dengan struktur kompleks. 

Mengamati

Mengamati Denah

Amatilah denah berikut ini bersama-sama!

Carilah air mancur bertanda Y! Jika kalian berada di X, telusuri jalan  yang harus kalian tempuh agar dapat sampai di Y. Deskripsikan perjalanan itu menggunakan kata-kata seperti berjalan  lurus, berbelok ke kanan, menyeberang, di sebelah kiri, dan lainlainnya. Gunakan bangunan atau pohon sebagai penanda. Apakah ada jalan lain yang bisa kalian tempuh? Mana yang lebih dekat?

Dari depan sekolah berjalan lurus ke arah selatan melewatu dua buah perempatan. Setelah menemui pohon besar berbelok ke arah timur. Setelah beberapa meter kembali berbelok ke arah selatan. Sampailah di air mancur.

Berdiskusi

Ada di Sana

1. Gambarlah denah sederhana sekolah kalian dan lingkungan sekitar  sekolah!

2. Pikirkan dua tempat yang ada di sekolah kalian atau di lingkungan sekitar. Tempat pertama menjadi titik awal (start) dan tempat kedua menjadi titik tujuan (finis). Kalian boleh memilih ruang guru, ruang kelas empat, kantin, lapangan, atau yang lainnya. Supaya tidak lupa, kalian boleh menuliskannya. 

3. Dari titik awal, pandulah salah satu teman yang mendapat giliran agar sampai ke titik tujuan yang kalian pilih. Ucapkan perintah dengan menggunakan kata-kata yang menunjukkan arah seperti kanan, kiri, depan, belakang, menghadap,membelakangi, dan lain-lain.

Contoh: 

Titik asalnya adalah ruang kelas empat. Berdirilah membelakangi kelas empat. Lalu, menghadaplah ke kanan dan berjalanlah sejauhdua kelas. Berbeloklah ke kiri sampai tiba di lapangan. Dari lapangan, berjalanlah lurus sampai tiba di persimpangan jalan. Berbeloklah ke kiri, lalu berjalanlah melewati tiga rumah. Titik tujuan ada di sebelah kanan.

4. Sewaktu petunjuk dibacakan, kalian yang belum mendapat giliran bisa menelusuri rute tersebut pada denah masing-masing.

5. Periksalah apakah titik tujuan hasil penelusuran kalian sudah benar. Diskusikanlah.

Denah Sekolah

Titik asalnya adalah ruang kelas satu. Berdirilah membelakangi kelas satu. Lalu, menghadaplah ke kanan dan berjalanlah sejauh empat kelas. Berbeloklah ke kanan sampai tiba di lapangan upacara. Dari lapangan upacara, berjalanlah lurus sampai tiba di depan kantor. Titik tujuan ada di sebelah timur.

Kosakata Terkait Arah

ContohKeteranganKeterangan
kakansisi kananutara
kirisisi kiriselatan
depanmenghadaptimur
belakangmembelakangibarat
di sebelah kananberbelok ke kananmaju
di sebelah kiriberbelok ke kirimundur
lurusjalan terusmenyeberang

Menulis

Rute Menuju Sekolah 

Ceritakan di buku tulis rute perjalanan kalian dari rumah ke sekolah,  dimulai dari rumah sebagai titik awal.  Gunakan panduan dan pertanyaan berikut ini untuk membantu  kalian menuliskannya.

  1. Apakah kalian berjalan kaki atau naik kendaraan? Apakah kalian naik kendaraan umum atau diantar orang tua atau  kakak? Ini akan menjadi bagian awal tulisan kalian. 
  2. Lalu, ceritakan tempat-tempat yang kalian lewati. Apakah rute yang kalian tempuh selalu sama ataukah kadang-kadang kalian mengambil rute yang berbeda? Mengapa kalian mengambil rute itu? Apa saja yang kalian jumpai sepanjang perjalanan? Informasi-informasi ini akan menjadi bagian tengah tulisan kalian. 
  3. Berapa lama waktu yang kalian perlukan untuk sampai di sekolah? Apakah biasanya kalian datang saat sekolah masih sepi ataukah saat sekolah sudah ramai? Itulah bagian akhir dari tulisan kalian, yaitu sampai di sekolah sebagai titik tujuan. 

Ceritakan pengalaman kalian dengan jelas sehingga orang yang  membaca dapat membayangkannya. Paragraf yang seperti ini disebut  paragraf deskripsi. Kalian juga dapat menggambar rute tersebut dengan denah sederhana atau menceritakannya dalam gambar.

Hari ini, tepat pukul 06.00 pagi, saya dan ayah berangkat menuju ke sekolah. Kami berangkat lebih awal bukan karena lokasi sekolah jauh tetapi untuk menghindari kemacetan di jalan raya. Ayah mengantarku ke sekolah menggunakan sepeda motor. 

Hari ini ayah mengambil jalur yang berbeda dari hari biasanya. Biasanya ayah menggunakan jalur jalan besar, namun kali ini memasuki jalan kampung. Jika menggunakan jalan besar pasti akan macet. Selama perjalanan ayah mengendarai motor dengan pelan dan hati-hati. Kami melewati banyak rumah penduduk, bangunan pertokoan, pasar, dan sekolah TK sepanjang jalan menuju ke sekolahku. 

Dari rumah kami bergerak ke arah selatan menuju jalan Dahlia. Setelah berjalan sekitar 3 km berbelok ke kanan menuju jalan Mawar. Setelah melewati jalan mawar sampailah di sebuah perempatan. Sekolahku berada di seberang perempatan tersebut. 

Setelah menempuh perjalanan hampir 50 menit, kami pun tiba dengan selamat di sekolah pada pukul 06.50 pagi. Ternyata sudah banyak siswa yang hadir di sekolah. Ayah hanya mengantar sampai di depan pagar saja. Setelah berpamitan dan mencium tangan ayah, saya pun masuk ke dalam sekolah dan berjalan semangat menuju kelas.

Demikian pembehasan mengenai Mengamati dan Menggambar Denah. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud 

Leave a Comment