Mengamati Infografik Cara Mengecek Keaslian uang Rupiah

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV sekolah dasar BAB 5 Bertukar atau Membayar terdapat kegiatan mengamati infografik. Pada kegiatan ini siswa akan mengamati dan menemukan informasi yang disampaikan lewat infografik dengan mengidentifikasi perbedaan dalam elemen visual (misalnya foto dan ilustrasi). Tujuan kegiatan ini adalah melalui kegiatan mengamati infografik, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menceritakan kembali simpulannya dengan tepat.

Pada kegiatan ini pandu peserta didik mengamati dan menganalisis informasi yang ada pada selembar uang, baik dalam bentuk simbol, gambar, maupun teks. Perhatikan apakah informasi berikut ini selalu ada pada setiap uang kertas: penulisan nilai uang; nomor seri uang; tahun uang dikeluarkan; tanda tangan; hologram; dan lain-lain.

Infografis adalah media informasi yang dapat berbentuk teks dengan perpaduan gambar, grafik, dan ilustrasi. Biasanya, infografis digunakan untuk menyajikan informasi agar penyajiannya mudah untuk dipahami dan dibaca.

Infografis berasal dari kata Infographics dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information + Graphics adalah bentuk visualisasi data yang menyampaikan informasi kompleks kepada pembaca agar dapat dipahami dengan lebih mudah dan cepat.

Tujuan infografis adalah untuk mengkomunikasikan pesan yang kompleks menjadi lebih sederhana, dapat menyampaikan informasi lebih singkat dan mudah dipahami, dan dapat menjelaskan data lebih mudah.

Langkah-langkah Membuat Infografis

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat infografis:

  1. Menyiapkan data/informasi yang ingin disajikan di dalam infografis. Pahami dengan baikmakna yang ada di dalam setiap data/informasi sehingga Anda dapat mengilustrasikandengan tepat data/informasi tersebut ke dalam grafis.
  2. Menentukan tujuan dibuatnya inforgrafis. Seperti halnya komunikasi secara umum, tujuandibuatnya infografis bisa untuk tujuan menyampaikan informasi, mengubah persepsi,mempersuasi atau melakukan sebuah aksi. Penentuan tujuan akan mempengarhi presentasidari infografis yang akan dibuat.
  3. Membuat desain infografis.
  4. Memulai membuat infografis. Buatlah grafis sesuai data/informasi yang ada.

Mengamati

Lihatlah infografik di bawah ini

Diskusikan pertanyaan di bawah ini bersama teman-teman kalian.

1. Menurut kalian, apa tujuan infografik di atas? 

Tujuan infografik di atas adalah untuk memberikan penjelasan cara mengecek keaslian uang Rupiah.

2. Informasi apa sajakah yang kalian dapat dari infografik  tersebut?

Cara untuk mengetahui keaslian semua uang pecahan Rupiah adalah dengan tiga teknik yaitu diraba, dilihat dan diterawang,

1. Dilihat

Pada uang asli warna yang terang dan mudah dikenali, terdapat benang pengaman yang dianyam pada semua uang pecahan rupiah.

2. Diraba

Pada uang asli dengan menggunakan teknik cetakan khusus sehingga terasa kasar jika diraba. Gambar utama seperti lambang negara, yakni Garuda Pancasila, Angka Nominal, tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bank Indonesia akan terasa.

Di samping itu, terdapat kode tuna netra atau blind code, yakni berupa pasangan garis di sisi kanan dan kiri uang, yang akan terasa kasar bila diraba, penentuan kode tersebut telah melalui konsultasi dengan Persatuan Tuna Netra Indonesia (PERTUNI).

3. Diterawang

Pada uang asli jika diterawang akan tampak tanda air (water mark) berupa gambar pahlawan dan ornamen pada pecahan tertentu. Keaslian uang dapat ditentukan dengan menggunakan alat bantu Sinar Ultraviolet, unsur pengaman uang Rupiah dapat dilihat.

Sampaikan pendapat kalian secara bergantian. Jika kalian membawa uang, kalian boleh mempraktikkan Dilihat, Diraba, dan Diterawang.

Pada saat melakukan kegiatan pengamtan uang perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Ingatkan peserta didik untuk mencuci tangan setelah memegang uang.
  2. Minta peserta didik menjelaskan inti informasi yang disampaikan infografik tersebut.
  3. Sebaiknya guru membawa uang kertas rupiah sebagai contoh agar peserta didik mempraktikkan “Dilihat, Diraba, dan Diterawang”.
  4. Ajak peserta didik mengamati lebih dekat gambar yang terlihat jelas dan tidak jelas

Demikian pembahasan mengenai Mengamati Infografik Cara Mengecek Keaslian uang Rupiah. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia kelas IV, Kemendikbud

Leave a Comment