Mengatasi Kartu/Paket Data Indosat yang Mengalami Gangguan

Kartu/Paket Data Indosat Gangguan – Memang sudah bukan masalah yang baru lagi, karena seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya. Indosat memang merupakan provider yang cukup sering mengalami kendala pada beberapa layanannya.

Kendala yang sering terjadi seperti Indosat tidak bisa telepon, jaringan internet hilang, tidak bisa cek pulsa dan masih banyak lagi. Namun tidak sedikit pengguna Indosat yang mengalami semua masalah tersebut sekaligus. Alias, kartu SIM Indosat tidak dapat di gunakan sama sekali.

Jika sudah begini, tentu akan membuat kita merasa kesal dan rasanya ingin menggantinya ke provider lain, bukan?

Tapi, jangan terburu-buru dulu deh buat menggantinya ke operator lain. Sebab, kondisi seperti ini juga bisa terjadi pada provider lain dan ada baiknya kita periksa terlebih dahulu. Karena kemungkinan saja ada faktor lain yang membuat kartu SIM Indosat kalian menjadi bermasalah.

Ciri-ciri Jaringan Indosat Gangguan

Mungkin beberapa orang akan merasa kesulitan untuk melihat apakah jaringan Indosat benar-benar gangguan atau tidak. Padahal jika kita lebih teliti, ada loh beberapa ciri-ciri yang muncul jika jaringan Indosat memang benar sedang gangguan.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri saat jaringan Indosat sedang gangguan:

  1. Internet di HP tidak akan jalan
    Ciri-ciri pada saat sinyal Indosat gangguan yang paling umum dan jelas kita lihat itu ketika internet terputus dan tidak dapat tersambung kembali. Kondisi seperti ini yang juga sangat umum dan paling sering di alami oleh sebagian besar pengguna Indosat.
  2. Internet berjalan, tapi sangat lemot
    Pada umumnya saat jaringan Indosat hilang atau sedang terjadi gangguan, koneksi internet pada HP memang masih berjalan tapi akan sangat lambat dari biasanya. Kondisi ini akan sangat mudah kita lihat ketika membuka sebuah aplikasi, seperti YouTube misalnya.
  3. Ping sangat tinggi, terkadang sampai timed out
    Kondisi yang menjadi pertanda ketika sedang terjadi masalah pada jaringan Indosat, juga dapat di tandai dengan ping yang sangat tinggi. Namun kondisi ini akan terasa pada saat kita bermain game online di ponsel.
  4. Jaringan internet terputus dengan sendirinya
    Ciri-ciri terakhir yang menandakan jaringan Indosat mengalami masalah adalah koneksi internet pada HP yang tiba-tiba terputus dengan sendirinya.

Mungkin selain yang saya sebutkan di atas, masih banyak ciri-ciri lain yang di alami oleh pengguna. Tapi secara umumnya, ketika jaringan Indosat mengalami gangguan, maka kondisi yang paling pertama muncul biasanya seperti yang saya sebutkan tadi.

Cara Cek Indosat Gangguan Atau Tidak Hari ini

Untuk kalian yang sampai sekarang ini masih belum tahu tentang cara mengecek jaringan Indosat sedang gangguan atau tidak, maka tidak perlu panik.

Sebab sekarang ini sudah ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika ingin memastikan apakah jaringan Indosat benar-benar sedang gangguan atau tidak.

Selengkapnya, silakan kalian simak rangkumannya di bawah ini.

1. Melalui Halaman Twitter Indosat

Sama dengan operator SIM yang lainnya, di mana Indosat juga memiliki sebuah halaman resmi di Twitter. Dengan melalui akun Twitter Indosat, sebenarnya kita tidak hanya bisa memperoleh informasi mengenai promo saja, tapi juga seputar layanannya.

Nah, untuk kalian yang mungkin memiliki akun Twitter, maka bisa coba kunjungi akun resmi Indosat. Di sana nanti kalian bisa menyimak informasi seputar layanannya. Atau jika tidak ada informasi yang sedang kalian cari, maka bisa langsung menanyakannya pada CS Indosat di halaman Twitter resminya.

Untuk nama halaman resminya, kalian bisa cari di @IndosatCare dan bisa langsung di Tweet saja.

2. Lewat Akun Facebook Resmi Indosat

Tentu tidak hanya pada Twitter saja, karena Indosat juga mempunyai halaman resmi di Facebook. Yang mana pada Fans Page resmi Indosat di Facebook, kita juga bisa memperoleh informasi seputar layanannya.

Karena biasanya jika memang sedang terjadi gangguan layanan, pihak Indosat akan menginformasikan hal tersebut di halaman Fanspage-nya. Silakan coba kalian cari halaman resminya dengan kata kunci @IndosatOoredoo.

Sama seperti sebelumnya, jika informasi yang kalian cari tidak tersedia, maka bisa langsung menanyakannya di sana.


3. Melalui Akun Instagram Indosat

Apabila kalian masih belum menemukan informasi seputar layanan dari Indosat di Twitter maupun Facebook, maka bisa coba mencarinya di Instagram.

Karena sekarang ini, Indosat juga sudah mempunyai akun resmi di Instagram. Silakan coba kalian cari dengan nama @indosatooredoo pada kolom pencarian di Instagram.

Di sini kita juga bisa menyampaikan keluhan-keluhan yang sedang di alami seputar layanan.

4. Cek Indosat Gangguan Lewat Website Berita

Cek Indosat Gangguan Lewat Website Berita

Cara cek gangguan jaringan Indosat hari ini juga bisa kita lakukan dengan mengandalkan website berita. Kenapa lewat website berita? Ini karena pada umumnya, apabila memang terjadi gangguan secara nasional, tentu akan banyak jurnalis yang membuat berita tentang hal tersebut.

Nah, maka dari itu, kita bisa coba mengunjungi salah satu situs berita yang sudah terpercaya. Atau bisa juga menggunakan halaman berita yang ada di Google dengan mengetikkan “Indosat gangguan hari ini”.

5. Langsung Melalui Halaman Resmi Indosat

Sedikit tambahan untuk melengkapi informasi, agar bisa mendapatkan informasi mengenai layanan Indosat sedang ada gangguan atau tidak, kalian bisa coba langsung memastikannya melalui halaman resminya.

Di dalam situs resmi Indosat, kita tidak hanya akan memperoleh informasi tentang promo saja, tapi juga bisa mendapatkan informasi mengenai layanan yang di pakai. Nah, pada halaman resmi Indosat ini, kita bisa langsung menanyakan seputar masalah yang sedang di hadapi dengan lebih cepat.

Apabila kalian ingin mengunjungi halaman resminya, bisa coba membukanya di www.indosatooredoo.com menggunakan browser pada perangkat.

Cara Mengatasi Jaringan Indosat Gangguan

Perlu kalian ketahui, kalau sebenarnya cara yang akan saya berikan di sini itu akan berbeda dengan solusi yang di berikan oleh pihak Indosat. Mengapa? Karena cara yang saya sampaikan ini merupakan rangkuman dari pengalaman pribadi.

Sebab, saya sendiri merupakan pengguna layanan Indosat sudah sejak lama, sebelum ada jaringan 4G dan sudah sering mengalami kondisi seperti ini. Jadi, karena menurut saya cukup bermanfaat, maka akan coba rangkumkan di halaman ini.

1. Coba Periksa Kondisi Jaringan di HP

Hal terpenting pertama yang harus kalian lakukan adalah mengecek kondisi jaringan Indosat pada perangkat. Karena jaringan yang mengalami masalah itu bisa di indikasikan dengan kondisi sinyal yang naik turun. Bahkan jika memang sudah parah, biasanya sampai tidak ada sinyal sama sekali.

Jangan lupa juga untuk memeriksa respon dari internet Indosat pada perangkat kalian. Caranya bisa coba pindah ke lokasi lain yang lebih terbuka atau lebih tinggi dari saat ini.


2. Gunakan Fitur Mode Pesawat

Sampai saat ini, mungkin masih banyak sekali orang yang belum sadar kalau sebenarnya fitur Air Plane Mode pada HP itu bisa membantu perbaiki masalah jaringan. Walaupun terdengar sepele, namun saya sendiri sudah sering mencobanya dan hasilnya sinyal Indosat yang hilang bisa muncul kembali.

Kok bisa? Ini karena fitur Air Plane Mode pada HP itu berfungsi untuk me-refresh jaringan. Sehingga jika terjadi masalah atau error, biasanya akan langsung teratasi.

Caranya sangat mudah sekali:

  • Silakan buka panel notifikasi yang ada di atas layar.
  • Ketuk ikon pesawat untuk mengaktifkan.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Tap lagi ikon pesawat untuk menonaktifkannya.
  • Selesai.

3. Atur Ulang APN Indosat

Sebenarnya dengan cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur mode pesawat tadi itu sudah bisa mengatasi sinyal Indosat yang hilang. Namun jika ternyata belum bisa, maka kalian dapat menggunakan cara ini.

Dimana caranya dengan mengganti ulang pengaturan APN Indosat yang ada pada perangkat. Caranya tidak sulit, begini:

  1. Pertama buka dulu Pengaturan di HP.
  2. Kemudian pergi ke Pengaturan Jaringan.
  3. Lalu pilih menu APN.
  4. Tap ikon plus (+) untuk membuat APN baru.
  5. Masukan APN Indosat yang kalian ingin gunakan.
  6. Jangan lupa menekan Simpan.
  7. Selanjutnya pilih APN tadi dan Aktifkan.
  8. Terakhir nyalakan ulang HP.
  9. Selesai.

4. Hubungi Customer Service Indosat

Sebenarnya untuk cara yang ini itu masih sejalan dengan apa yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Di mana dengan melalui akun media sosial serta halaman resminya, berarti kalian sudah menghubungi customer service Indosat.

Tapi itu hanya sebagian saja, karena masih ada cara lain yang bisa kita lakukan saat ingin menghubungi CS Indosat.

Gimana caranya? Yaitu dengan menghubungi nomor telepon resmi yang sudah di sediakan oleh Indosat. Silakan coba kalian hubungi nomor telepon tersebut dan menanyakan perihal masalah yang sedang di alami.

  • Melalui PSTN / Telepon Rumah : (021) 30003000
  • FAX : (021) 5449501-06

Nah, setelah melakukan beberapa cara di atas, ternyata memang benar sedang ada perbaikan layanan dari pusat. Maka cara terakhir untuk mengatasinya adalah dengan menunggu sampai jaringan Indosat normal kembali.

Bisanya hanya berlangsung dalam beberapa menit saja, meski terkadang juga bisa sampai beberapa jam. Tapi, intinya masalah jaringan di sini tidak permanen ya.

Silakan cobalah untuk menunggu beberapa waktu atau menggunakan operator lain jika memang di perlukan.

Kenapa Jaringan Indosat Hari Ini Bisa Gangguan?

Untuk menunjang semua aktivitas sehari-hari, kita perlu yang namanya smartphone. Seperti kebutuhan pekerjaan, komunikasi dan juga hiburan. Oleh karena itu, tidak sedikit dari orang yang merasa kesal ketika jaringan operator yang mereka gunakan mengalami gangguan, seperti Indosat.

Terus, kenapa jaringan Indosat hari ini gangguan? Tentu karena ada banyak faktor yang menyebabkan layanan dari Indosat mengalami gangguan. Mulai dari perbaikan jaringan, faktor cuaca yang buruk, sampai kartu SIM Indosat yang di pakai mengalami masalah.

Namun yang paling sering terjadi dan saya alami sendiri, penyebabnya itu adalah faktor cuaca dan lokasi tempat kita menggunakan layanan Indosat.

Penutup

Mungkin itu saja pembahasan mengenai cara cek Indosat gangguan dan cara mengatasinya. Perlu kalian ketahui juga kalau informasi tadi sebagian saya rangkum dari halaman resmi Indosat.

Silakan jika ada yang ingin kalian tanyakan atau ada penjelasan yang masih kurang di mengerti, tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.