Menulis Kalimat Persuasif dalam Bentuk Poster

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Bab IV Meliuk dan menerjang terdapat kegiatan menulis kalimat persuasif. Tujuan pembelajaran pada kegiatan ini adalah melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasif dengan benar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kalimat persuasif adalah salah satu teks yang bersifat membujuk secara halus untuk meyakinkan seseorang yang membacanya. Sehingga, kalimat persuasif adalah sebuah teks yang berisi ajakan, perintah, hingga saran yang ditujukan kepada para pembaca.

Sedangkan makna kata persuasif artinya adalah ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alasan dan prospek baik yang meyakinkan; bujukan halus.Karena bersifat membujuk dan mengajak, maka tidak jarang kita menemukan kalimat ini di iklan dan penawaran. Di dalam kalimat persuasif, terdapat kalimat perintah yang disampaikan secara tersurat maupun tersirat. Artinya kalimat tersebut bersifat membujuk atau merayu, namun secara tidak langsung juga memerintah yang sifatnya tidak memaksa.

Perhatikan poster berikut ini.

Mari cintai dan pelajari tarian Nusantara!” “Tunjukkan warna Indonesiamu!” Kalimat pada poster di atas bersifat mengajak. Kalimat tersebut  berusaha meyakinkan atau membujuk orang agar mau mengikuti isi  atau pesan dari kalimat tersebut. Kalimat seperti ini disebut kalimat persuasif.

Ciri-ciri kalimat persuasif antara lain:

  1. Bersifat ajakan,
  2. Menggunakan tanda seru,
  3. Biasa dipakai dalam iklan atau imbauan,
  4. Sering menggunakan kata ajakan seperti ayo, mari, marilah, dan sebagainya, dan
  5. Ditulis dengan pilihan kata yang menarik agar gampang diingat.

Kreativitas dan Menulis

Pada kegiatan ini peserta didik dapat diminta untuk menuliskan kalimat anjurannya dengan tulisan indah. Peserta didik dapat diminta mengerjakannya dalam kelompok. Poster yang dibuat peserta didik dapat dijadikan hiasan kelas. Jika akses internet tersedia, peserta didik bisa diajak menuliskan kalimat pada gambar atau foto yang ada di media sosial. 

Sebelum menulis, peserta didik bisa diajak membaca terpandu (membaca teks bersama-sama dengan dibimbing guru) dan memaknai kembali setiap paragraf dari sisi teks maupun gambar. Membaca terpandu membuat peserta didik memusatkan perhatian, sehingga memudahkan mereka dalam menulis. 

Guru bisa memperlihatkan contoh berbagai poster pengumuman berisi ajakan atau anjuran. Gambar bisa diunduh melalui internet atau diperoleh melalui media cetak.  Minta peserta didik melengkapi anjurannya dengan ilustrasi. Peserta didik yang lebih suka menggambar bisa diarahkan untuk menggambar dan bekerja sama dengan peserta didik lain untuk menuliskan kalimat anjurannya.

Bentuklah 5 kelompok. Setiap kelompok harus membuat poster yang berisi kalimat persuasif.  Pilihlah salah satu tema di bawah ini untuk poster kelompok kalian.

  1. Ajakan untuk menjaga kebersihan
  2. Ajakan untuk suka membaca
  3. Ajakan untuk mengikuti latihan menari
  4. Ajakan untuk menjaga kesehatan
  5. Seruan untuk membangkitkan semangat

Berikut

1. Ajakan untuk menjaga kebersihan

Menjaga Kebersihan

2. Ajakan untuk suka membaca

Membaca Buku

3. Ajakan untuk mengikuti latihan menari

Latihan Menari

4. Ajakan untuk menjaga kesehatan

Menggosok Gigi

5. Seruan untuk membangkitkan semangat

Semangat

Demikian pembahasan mengenai Menulis Kalimat Persuasif dalam Bentuk Poster. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud

Leave a Comment