Menulis Pengalaman Menonton Bulu Tangkis

Pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV Bab IV Meliuk dan menerjang tedapat kegiatan Menulis Pengalaman Menonton Bulu Tangkis. Pada kegiatan ini siswa menulis dengan menggunakan tanda baca sesuai kaidah bahasa Indonesia dan memanfaatkan kata tanya “ADiKSiMBa” dalam mengembangkan gagasan. Tujuan kegiatan ini adalah dengan menulis mengikuti panduan kata tanya, peserta didik dapat membuat tulisan dengan terstruktur dan sesuai kaidah bahasa Indonesia.

ADIKSIMBA adalah singkatan dari enam kata tanya yang sering digunakan dalan Bahasa Indonesia. ADIKSIMBA juga dikenal sebagai 5W + 1H, yaitu :Apa (What), Dimana (Where), Kapan (When), Siapa (Who), Mengapa (Why) dan Bagaimana (How)

  1.  Apa (What) digunakan untuk menanayakan peristiwa apa yang sedang terjadi.
  2. Dimana (Where) digunakan untuk menanyakan dimana peristiwa tersebut berlangsunng
  3. Kapan (When) digunakan untuk menanyakan kapan kejadian tersebut terjadi
  4. Siapa (Who) digunakan untuk menanyakan orang yang/apapun yang terlibat dalam peristiwa tersebut.
  5. Mengapa (Why) digunakan untuk menanyakan mengapa atau apa penyebab peristiwa tersebut dapat terjadi
  6. Bagaimana (How) digunakan untuk menanyakan bagaimana proses dari peristiwa yang terjadi

Ketika menulis, peserta didik kelas empat diharapkan mampu menyajikan tulisan yang unik, penuh semangat, dan imajinatif dengan ejaan dan tanda baca yang benar.

Sayangnya, saat mendampingi peserta didik mengembangkan gagasan menjadi tulisan, guru terkadang mengabaikan kesalahan penggunaan tanda baca. Guru perlu memberi penguatan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menuangkan gagasan. Namun, kemampuan menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar juga tidak kalah penting. Ejaan dan tanda baca akan selalu digunakan oleh peserta didik hingga jenjang berikutnya.

Guru juga perlu menguasai ketentuan ejaan bahasa Indonesia dengan membaca Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Pengalaman Menonton Bulu Tangkis

Buatlah karangan sebanyak tiga paragraf tentang pengalaman menonton bulu tangkis. Tulislah di buku kalian. Jika kalian belum pernah menonton permainan bulu tangkis, kalian boleh menulis pengalaman menonton olahraga lain.

Untuk memandu kalian, jawablah pertanyaan dengan semua kata tanya: apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Contohnya seperti di bawah ini.

1. Apa

Sebutkan kegiatan yang akan kalian ceritakan, yaitu pengalaman menonton bulu tangkis.

2. Siapa

Kalian dapat menjelaskan siapa pemainnya, pemenangnya, atau dengan siapa kalian menontonnya.

3. Di mana

Jelaskan tempat pertandingan dan tempat kalian menonton, misalnya di sekolah, di lapangan, atau di televisi.

4. Kapan

Jelaskan waktu kalian menonton permainan bulu tangkis tersebut.

5. Mengapa

Jelaskan dalam rangka apa kegiatan tersebut, misalnya pertandingan antarsekolah, lomba 17-an, kejuaraan dunia, atau latihan saja

6. Bagaimana

Kalian dapat menjelaskan jalannya permainan bulu tangkis tersebut, misalnya seru, menarik, atau malah menegangkan. Kalian juga dapat menceritakan perasaan kalian saat itu.

(apa dan siapa)

Ingatlah untuk memeriksa kalimat, ejaan, dan tanda baca dalam karangan sebelum kalian kumpulkan

Pengalaman saya nonton bulu tangkis langsung indonesia open adalah sekitar tahun 2022. Saya sangat bangga bisa mendukung bintang badminton Indonesia. Pertandingan kali ini mempertemukan Markus Finaldi Gideon/Kevin Snajaya Sukomulyo menghadapi Seung Jae Seo/Min Hyuk Kang dari Korea Selatan.

(di mana dan kapan)

Bertanding di Istora Senayan, Jakarta, ganda berjuluk The Minions kalah 2-0 dari wakil Korea Selatan Kang Min Hyuk/Eom Hye Won dengan skor 14-21, 12-21 dalam waktu 34 menit saja. Kekalahan ini memastikan 5 wakil Merah Putih sudah gugur pada hari ketiga Indonesia Open 2022. Pertandingan ini dilangsungkan pada hari Kamis tanggal 16 Juni 2022.

(mengapa dan bagaimana)

The minion kalah dari pasangan Korea Selatan karena pasangan Korea tersebut tampil sangat kompak. Marcus/Kevin sempat memulai pertandingan dengan cukup baik. Mereka sempat unggul 3-1 lebih dahulu. Usai turun minum, keadaan berubah. Pasangan Korea sukses bangkit. Mereka mampu memaksa Minions harus mengaku kekalahan gim pertama dengan skor 14-21.  Berlanjut ke gim kedua, Kang/Eom semakin tampil lebih baik. Serangan-serangan cepat Kang/Eom sukses membuat pasangan tuan rumah kewalahan.  Dengan sangat cepat, Kang/Eom menuntaskan gim kedua dengan kemenangan 12-21.

Demikian pembahasan mengenai Menulis Pengalaman Menonton Bulu Tangkis. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud

Leave a Comment