Menulis Surat untuk Sepupu atau Teman

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar pada Bab I Sudah Besar terdapat kegiatan menulis. Tujuan kegiatan ini adalah menuliskan kalimat dengan struktur SPOK menggunakan tanda baca yang tepat dan kosakata yang sesuai.

Surat adalah kertas atau sebagainya yang tertulis yang di dalamnya ada isi atau tujuan. Surat mengandung informasi berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, laporan, pemikiran, sanggahan, dan lain-lain.Surat memiliki banyak jenis, salah satunya adalah surat pribadi.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pengertian surat pribadi adalah surat yang ditulis seseorang atau individu kepada orang lain yang bersifat pribadi. Surat pribadi adalah surat yang bersifat personal atau tidak resmi, bebas, menggunakan bahasa sehari-hari, dan berisi masalah-masalah pribadi.

Maksud dan isi surat pribadi ada macam-macam, teman-teman. Contohnya adalah surat pada keluarga jauh, teman, atau sahabat pena.Surat pribadi memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan jenis surat yang lain. Ciri-ciri surat pribadi antara lain sebagai berikut

  1. Isi surat bersifat pribadi;
  2. Tidak menggunakan kop surat;
  3. Bahasa yang digunakan boleh tidak resmi atau bahasa sehari-hari;
  4. Salam pembuka dan penutup bersifat tidak formal;
  5. Gaya penulisan lebih bebas.

Surat pribadi memiliki beberapa tujuan, di antaranya adalah menanyakan kabar, memberitahukan keadaan, memberikan undangan, dan menyampaikan pesan.

Kesukaan orang berbeda-beda. Ada yang suka bermain kelereng, ada yang suka memelihara kucing. Ada yang suka sekali makan durian, ada yang sama sekali tidak mau mencicipi durian.

Bagaimana dengan sepupu atau teman kalian, apakah kesukaan atau ketidaksukaan mereka? Untuk mengetahuinya, tanyakanlah lewat surat. Tentu saja kalian ceritakan dahulu sesuatu yang kalian sukai dan sesuatu yang kalian tidak sukai. Kalian juga boleh menceritakan tentang apa yang membuat kalian takut. Tuliskan surat tersebut di buku kalian. Kalian juga boleh melengkapinya dengan gambar. Jangan lupa, gunakan sebanyak mungkin kosakata baru yang kalian dapatkan pada bab ini.

Kalian bisa melihat dan mempelajari contoh surat berikut ini sebelum kalian menulis surat!

Semarang, 23 Agustus 2020

Salam, Bimo

Apa kabarmu? Semoga kamu serta Om dan Tante sehat semua, ya. Kami di sini juga baik-baik saja. Ingat tidak, pohon jambu yang ada di depan rumahku?

Sekarang pohon itu sudah besar dan tinggi. Aku suka sekali memanjatnya. Memanjat sudah menjadi hobiku. Kadang aku belajar dan membaca buku di atas pohon itu. Suatu kali tanganku tidak sengaja menyenggol ulat. Uh, gatal sekali. Sejak itu aku takut setiap melihat ulat. Aku pikir, mungkin aku fobia dengan ulat, tetapi kata Ibu aku hanya takut biasa.

Bagaimana denganmu, apa hobimu? Apa yang tidak kamu suka? 

Salam hangat,

Abdul, penyuka durian

Beberapa kata baru yang telah dipelajari pada bab sebelumnya adalah sebagai berikut :

No.Kata-Kata BaruArti Menurut Perkiraan SayaArti Menurut Kamus
1.polkadotbelang-belangcorak pada kain berbentuk bulatan (berbagai ukuran) dengan jarak yang sama, biasanya di atas dasar yang polos
2.favoritkesukaanorang yang diharapkan (dijagokan, diunggulkan) untuk menjadi juara
3.mengelakmenghindarmenghindar (menyisi) supaya jangan kena (pukulan, serangan);
4.mematut diriberdandanmengatur supaya baik; memperbaiki
5.sepupusaudara perempuansaudara senenek; anak dari dua bersaudara; saudara misan
6.mengoleksimencarimengumpulkan (menjadi satu); menjadikan barang-barang sebagai koleksi
7.hobikegemarankegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama
8.paniktakutbingung, gugup, atau takut dengan mendadak (sehingga tidak dapat berpikir dengan tenang)
9.fobiaketakutanketakutan yang sangat berlebihan terhadap benda atau keadaan tertentu yang dapat menghambat kehidupan penderitanya
10.berkonsultasibertanyabertukar pikiran atau meminta pertimbangan dalam memutuskan sesuatu (tentang usaha dagang dan sebagainya):
11.psikologahli jiwaahli psikologi
12.terapipengobatanusaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit; pengobatan penyakit; perawatan penyakit:

Berikut ini contoh surat untuk sepupu atau teman

Purwokerto, 11 Februari 2022

Salam, Yanti Lesianda

Apa kabar Yanti? Semoga kamu, ayah, dan ibu sehat semua, ya. Aku dan keluargaku di sini juga baik-baik saja. Masih ingatkah kita memiliki hobi bermain ayunan bersama?

Aku selalu ingat kejadian yang pernah kamu alami. Saat itu aku dan kamu bermain ayunan di depan rumahku. Tiba-tiba kamu terjatuh terjerembab ke tanah dan menangis sangat kencang. Kepalamu berdarah sehingga membuat aku panik dan bingung. Aku dan sepupuku segera berlari memangil ayah. Ayah datang dan segera membawamu ke klinik kesehatan.

Setelah kamu diobati, aku dan ayah berkonsultasi dengan dokter tentang luka di kepalamu. Menurut dokter ternyata lukamu tidak berbahaya dan tidak membutuhkan terapi khusus. Aku merasa lega dan senang karena kamu baik-baik saja.

Masih ingatkah kejadian tersebut, Yan? Aku ingin kita bermain bersama lagi. Jika ada waktu berkunjunglah ke rumahku lagi, Yan! Aku dan keluargakau sangat mengharapkan kedatanganmu saat liburan nanti. Aku tunggu, ya.

Salam hangat,

Wiwin, sahabatmu

Demikian pembahasan mengenai Menulis Surat untuk Sepupu atau Teman. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku Bahasa Indonesia Kelas IV, Kemendikbud

Leave a Comment