Pengertian, Fungsi, Jenis dan Kegunaan

Seperti yang kita ketahui, kabel ini adalah salah satu alat yang difungsikan sebagai penghantar arus listrik. Meskipun sekilas semua kabel terlihat sama, namun sebenarnya benda tersebut didesain secara berbeda. Yakni mempertimbangkan ukuran, karakteristik, spesifikasi, dan juga kegunaan yang berbeda-beda.

Salah satu jenis kabel yang penggunaannya cukup populer adalah kabel NYA. Untuk penggunaannya sendiri lebih pada kebutuhan instalasi dengan skala kecil. Misalnya saja diterapkan untuk instalasi bangunan ataupun perumahan.

Nah, mari ketahui lebih detail mengenai apa itu kabel NYA dengan lebih lengkap. Pembahasan mulai dari pengertian, fungsi, jenis dan kegunaan kabel NYA akan dikupas tuntas pada artikel berikut ini.

Pengertian Kabel NYA

Kabel NYA adalah

Yang penting untuk diketahui di awal tentu saja mengenai pengertiannya, bukan? Untuk Kabel NYA adalah salah satu jenis kabel yang didesain dengan satu inti saja. Itulah mengapa ada istilah kabel dengan inti tunggal pada kabel NYA.

Kabel ini juga memiliki lapisan pelindung berbahan PVC yang melapisi konduktornya. Untuk ukuran kabel NYA sendiri umumnya didesain dengan diameter 1,5 mm hingga 2,5 mm. Penggunaannya paling sering difungsikan untuk keperluan jaringan listrik pada perumahan. Salah satu contohnya yakni untuk keperluan instalasi lampu penerang maupun untuk pemasangan stop kontak.

Penggunaan NYA sebagai kabel instalasi listrik di beberapa negara juga cukup populer. Selain harganya yang murah, kabel tersebut juga mudah untuk dipasang. Namun karena lapisan pelindungnya yang tidak begitu tebal. NYA dianggap memiliki tingkat keamanan yang kurang memadai.

Oleh karenanya, penggunaan kabel tersebut perlu menggunakan pengaman tambahan. Misalnya menambahkan pipa pada instalasi atau menggunakan kabel tersebut pada saluran tertutup. Tujuannya adalah agar kabel tidak mudah rusak, serta mencegah manusia dari resiko tersengat listrik. Yakni apabila nantinya terpaksa melakukan kontak langsung dengan kabel yang cacat atau rusak.

Fungsi Kabel NYA

Fungsi Kabel NYA
Fungsi Kabel NYA

Sebagaimana kabel pada umumnya, fungsi kabel NYA tentu saja untuk kebutuhan menghantarkan arus listrik ke medan tertentu. Karena hanya mempunyai satu inti, kabel NYA ini terbilang memiliki ukuran cukup kecil. Sehingga penggunaannya juga hanya dipakai untuk pemakaian skala kecil juga.  Fungsi dari kabel jenis NYA tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kabel NYA banyak digunakan pada instalasi rumah tinggal.
  • NYA sebaiknya digunakan pada lingkungan yang bersifat Contohnya saja seperti instalasi dalam ruangan rumah atau gedung.
  • Kabel jenis NYA juga bisa difungsikan untuk panel distribusi arus listrik. Bisa juga untuk keperluan jaringan listrik dengan skala kecil.

Arti Kode Huruf Pada Kabel NYA

Setiap kabel biasanya memiliki nama tersendiri yang berfungsi untuk membedakannya dengan kabel jenis lain. Namun nama yang diberikan pada benda tersebut tidak hanya berfungsi sebagai pembeda saja, tetapi juga memiliki arti yang lebih spesifik.

Arti kode huruf pada kabel NYA misalnya. Kode huruf ini mewakili spesifikasi dan karakteristik dari kabel tersebut. Simak penjelasan selengkapnya mengenai kode hurufnya berikut ini :

N = artinya yakni jenis kabel tersebut didesain dengan inti tembaga

Y = artinya kabel memiliki lapisan pelindung berbahan PVC

A = artinya kabel yang memiliki satu inti saja atau inti tunggal.

Jadi, apabila kode huruf ini diartikan, maka dapat disimpulkan jika NYA merupakan kabel yang memiliki inti tunggal dan umumnya terbuat dari bahan tembaga. Selain itu juga memiliki lapisan isolator yang terbuat dari bahan PVC.

Bagian – Bagian Kabel NYA

Bagian-bagian Kabel NYA
Bagian-bagian Kabel NYA

Sebagai kabel yang hanya mempunyai inti tunggal, kabel jenis NYA ini juga dilengkapi dengan lapisan pelindung. Jadi ada dua komponen penyusun pada kabel jenis NYA, yakni lapisan inti dan lapisan pelindung. Berikut ini penjelasan mengenai bagian penyusun NYA :

  1. Lapisan Inti Kabel

Setiap kabel memiliki lapisan inti atau lapisan yang berfungsi sebagai konduktor. Lapisan inti ini tentu saja tidak boleh menggunakan sembarang bahan. Untuk jenis material yang digunakan yakni harus terbuat dari bahan yang sifatnya mampu menghantarkan arus listrik.

Pada kabel tipe NYA misalnya, kabel ini menggunakan material tembaga sebagai bahan intinya. Untuk jenis tembaganya sendiri yakni tembaga tunggal karena kabel NYA memang hanya mempunyai satu inti saja.

  1. Lapisan Pelindung Kabel

NYA juga dilapisi dengan pelindung atau yang disebut sebagai isolator. Pada kabel jenis NYA, isolator yang digunakan adalah isolator dengan jenis bahan PVC.

Dimana isolator merupakan komponen yang berguna untuk melindungi bagian inti kabel agar tidak mudah rusak. Selain itu, isolator juga bisa mencegah terjadinya kebocoran arus listrik. Dan yang tidak kalah penting yakni bisa mencegah terjadinya resiko tersengat apabila orang tidak sengaja melakukan kontak fisik dengan benda tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYA

Setiap kabel yang diproduksi tentunya memiliki spesifikasi serta karakteristik yang sangat beragam. Benda tersebut juga dibuat dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan kabel NYA yang penting untuk diketahui sebelum melakukan instalasi.

1. Kelebihan Kabel NYA

NYA adalah salah satu jenis kabel yang sangat umum digunakan untuk keperluan instalasi listrik rumah tangga. Nah untuk kelebihan kabel NYA adalah sebagai berikut :

  • Kabel NYA dijual dengan harga yang terbilang lebih murah sehingga cukup terjangkau.
  • Kabel tersebut juga mudah dipasang dan fleksibel digunakan. Meskipun untuk instalasi yang memiliki banyak lekukan.
  • Kabel cocok digunakan untuk instalasi perumahan ataupun bangunan lainnya.
  • NYA memiliki voltase yang relatif cukup
  • NYA juga memiliki bahan insulin berwarna yang memudahkan ketika proses pemasangan.

2. Kekurangan Kabel NYA

Selain beragam kelebihan yang diulas di atas, kabel NYA juga memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Tingkat keamanan kurang memadai karena kabel hanya memiliki satu lapisan pelindung.
  • Kabel terbilang mudah rusak atau cacat serta tidak tahan air dan tidak disarankan dipasang untuk instalasi area luar yang beresiko basah.
  • Lapisan isolator tipis sehingga mudah rusak dan terkena gigitan tikus.
  • Karena tingkat keamanan rendah, pemasangan kabel juga membutuhkan alat pengaman tambahan. Misalnya menggunakan pipa conduit ataupun dipasang pada saluran tertutup.
  • Hanya dapat digunakan pada ruangan kering.
  • Tidak direkomendasikan untuk digunakan pada tempat terbuka ataupun lembab.

Kesimpulan

Kabel NYA merupakan salah satu jenis kabel yang cukup populer. Fungsinya sendiri bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan instalasi rumah tangga maupun untuk keperluan distribusi panel listrik. NYA memiliki diameter 1,5 mm dan 2,5 mm,  memiliki inti tunggal dan juga lapisan isolator berbahan PVC.

Kabel ini memiliki model yang sederhana, fleksibel, mudah dipasang serta murah sehingga penggunaannya cukup populer dan umum. Namun karena hanya memiliki satu lapisan isolator, maka NYA dianggap memiliki tingkat keamanan rendah. Sehingga tidak disarankan untuk dipasang ditempat terbuka, tempat lembab, apalagi instalasi dalam tanah.

Leave a Comment