Power TV LG Nyala Tapi Layar Mati? Ini Penyebab & Mengatasinya

Masalah pada TV ada banyak sekali, salah satunya adalah power TV LG nyala tapi layar mati.

Masalah ini bisa saja terjadi pada TV kamu. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan layar TV mati tapi tombol power hidup.

Untuk lebih detail mengenai penyebab layar TV mati tapi lampu indikator nyala bisa lihat informasinya berikut ini.

Kenapa TV Tiba Tiba Mati Tapi Lampu Indikator Hidup?

Kamu sedang mengalami masalah pada TV LG yang layarnya mati tapi lampu indikator hidup? Jika iya maka TV kamu sedang mengalami masalah.

Salah satu penyebabnya adalah komponen elco pada TV mengalami masalah atau bisa juga rusak. Nah untuk tahu penyebab lainnya yuk simak informasinya di bawah.

  • Penyebab Layar TV LG Mati Tapi Power Nyala

Ada beberapa penyebab kenapa layar TV LG hidup akan tetapi lampu indikator TV nyala. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Elco Bermasalah atau Rusak

Salah satu penyebab kenapa layar TV mati akan tetapi lampu indikator nyala adalah komponen yang bernama elco bermasalah.

Masalah seperti ini biasa disebut dengan mati standby yang artinya TV tidak bisa nyala akan tetapi lampu indikator hidup walau tombol power sudah ditekan.

  • Driver Horizontal Bermasalah

Penyebab yang kedua adalah driver Horizontal bermasalah hal ini bisa disebabkan karena tegangan yang seharusnya untuk driver tidak ada, namun bisa juga drivernya yang bermasalah.

Jika driver Horizontalnya bermasalah maka transistor horizontal tidak bisa menerima input yang mengakibatkan horizontal flyback tidak berfungsi.

Masalah yang Terjadi Di TV :

Cara Mengatasi Power TV LG Nyala Tapi Layar Mati

Dari penyebab terjadinya layar TV mati namun lampu indikator nyala yang ada di atas ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengatasi masalah ini.

Cara yang pertama adalah silahkan lakukan pengecekan pada komponen elco, namun sebelum melakukan pengecekan pada elco ada baiknya kamu lakukan tips berikut ini.

Silahkan pindah channel TV kamu atau bisa gunakan tombol Vol + / – untuk melakukan pengecekan. Jika cara ini belum berhasil, maka kamu bisa melakukan pengecekan elco.

Namun jika elco benar benar bermasalah maka kamu bisa melakukan penggantian elco. silahkan gunakan elco dengan merk atau tipe yang sama dengan elco yang sebelumnya.

  • Pengecekan Driver Horisontal, Transistor Horizontal & Horizontal Flyback

Cara yang kedua adalah dengan melakukan pengecekan pada Transistor Horizontal, Horizontal Flyback, Driver Horizontal dan juga pada power supply.

Jika kamu memang bisa melakukan pengecekan dan juga memiliki alat untuk melakukan pengecekan maka silahkan lakukan pengecekan.

Namun jika kamu tidak memiliki keahlian dalam melakukan pengecekan pada Transistor Horizontal, Horizontal Flyback, Driver Horizontal dan juga pada power supply sebaiknya kamu bisa langsung panggil teknisi service TV yang sudah berpengalaman.

Dengan memanggil teknisi service TV maka kamu hanya perlu memberitahu masalah yang ada pada TV LG. Nanti teknisi akan langsung melakukan pengecekan.

Nah itulah tadi beberapa penyebab power TV LG nyala tapi layar mati dan juga cara mengatasinya.

Leave a Comment