Struktur dan Kaidah Teks Iklan Pengertian Serta Contoh

Teks iklan adalah suatu teks yang dibuat semenarik mungkin sebagai media promosi untuk mempromosikan suatu barang, jasa atau kegiatan tertentu guna menarik minat dari pembaca agar menggunakan barang atau jasa yang dipromosikan. Sebelumnya admin juga sudah membahas perbedaan iklan dan poster, memang sedikit agak berbeda tapi masih berkaitan dengan iklan.

Memahami Struktur dan Kaidah Teks Iklan

Struktur teks iklan

a. Orientasi

orientasi adalah perkenalan dari iklan itu sendiri tentang apa iklan tersebut.

b. Tubuh iklan

Tubuh iklan adalah inti dari iklan itu sendiri, dimana ditubuh iklan ini adalah isi iklan atau topik yang disampaikan kepada pemirsa. ditubuh iklan ini sudah sangat jelas informasi yang disampaikan dan orang mudah memahami suatu iklan jika terdapat tubuh iklan ini.

c. Justifikasi

Justifikasi adalah tempat dimana orang bisa mengetahui lebih lanjut tentang sebuah iklan seperti alamat, alamat web, nomor telephone, email, media sosial resminya dan sebagainya.

Kaidah bahasa teks iklan

Kalimat Slogan, contoh, Lebih baik mencegah, daripada mengobati,Sholat lah kalian, sebelum kalian disholatkan, Matikan rokok, sebelum rokok mematikan Anda
Kalimat Persuasif (Membujuk), Sebuah iklan akan sangat efektif apabila kalimat yang digunakan dapat membujuk atau membuat orang tertarik untuk membeli atau menikmati produk yang ditawarkan.

Menggunakan Subjek Orang Pertama, Pada Teks iklan untuk menggantikan pihak atau pelaku pemasang iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama jamak atau tunggal  menjadi kami, saya, atupun aku sebagai pengganti pihak atau pelaku yang memasang iklan.

Contoh memahami struktur dan kaidah bahasa

StrukturPenjelasan
OrientasiAku sih percaya….tapi sama Semen Tiga Roda
tubuh iklanBagusnya yang Terpercaya. Bagusnya Semen Tiga Roda
JustifikasiSemen Tiga Roda Kokoh Terpercaya
KaidahPenjelasan
Kalimat SloganAku sih percaya….tapi sama Semen Tiga Roda 
Kalimat Persuasif (Membujuk)Bagusnya yang Terpercaya. Bagusnya Semen Tiga Roda 
Menggunakan Subjek Orang PertamaAku 

Membandingkan Teks Iklan

Membandingkan teks iklan dengan teks lainnya ataupun teks iklan dengan teks lain harus dilakukan secara tepat. Maka dari itu, kita perlu memahami apa itu iklan dan ciri-cirinya.

Baca juga :  Algoritma Percabangan Lebih Dari 2 Kondisi Serta Pengertian dan Contoh

1.Berikut ini merupakan ciri-ciri iklan yang efektif :

2.Salah satu fungsi iklan adalah untuk menawarkan produk.

3.Iklan harus diarahkan ke sasaran yang tepat.

4.Menggunakan media yang tepat.

5.Mengandung pesan yang dikemas dengan unik dan kreatif

6.Sesuai dengan anggaran dan estimasi hasil

Untuk membandingkan iklan-iklan tersebut, selain berdasarkan struktur dan kaidah, kita juga dapat membandingkannya berdasarkan persamaan dan perbedaan ciriciri dan iklan tersebut yang meliputi jenis iklan dan nilai-nilai didiknya.

Memproduksi Teks Iklan

Bagaimana membuat iklan yang menarik, agar hasilnya meyakinkan? Setidaknya ada rumus sederhana untuk membuat iklan yang menarik. Rumus itu disebut AIDA. Perhatikan urutannya sebagai berikut :

Attention (A)

Buatlah judul iklan yang memukau. Sementara itu, untukn membuat pembaca terkejut, Maksdunya, kita dapat membuat kejutan itu pada kalimat awal iklan yang mengundang perhatian.

Contoh kata-kata ‘sakti’. RAHASIA,  GRATIS,  GARANSI,  BONUS, MUDAH,  CEPAT,  UANG, BEST  SELLER, KISAH  NYATA,  AMAN,  TERPECAYA,  TERUJI,  OTOMATIS,  DISKON,  LUAR  BIASA,  DIJAMIN.

Contoh judul yang menarik perhatian pembaca :

“3 Langkah MUDAH Menghasilkan UANG dari Internet”

“DIJAMIN Balik Modal dalam Seminggu. GARANSI  Uang Kembali”

“Dapatkan RAHASIA Akses Internet GRATIS

Interest (I)

Buatlah pembaca tertarik dengan produk yang kamu tawarkan. Tunjukan manfaat pentingnya yang tidak bisa mereka dapatkan dari produk lain.

Desire (D)

Kamu harus dapat membuat pembaca berhasrat untuk memiliki produk yang ditawarkan dengan menunjukan keunggulan produknya dibandingkan dengan produk lain.

Action (A)

Untuk membuat pembaca iklan tertarik kemudian melakukan sesuatu memang membutuhkan stategi.  Dengan penggunaan metode AIDA, kita dapat mengupayakan pembuatan iklan secara menarik, fungsional, simetris , efektif, tidak mengada-ada, dan santun.

Menganalisis  Teks Iklan

Menganalisis teks iklan mencakupi dua versi, versi pertama menganalisis iklan yang dibuat sendiri agar dapat membuat iklan yang baik, menarik, dan unggul. Versi kedua menganalisis iklan yang dibaca agar mendapatkan produk yang unggul, tidak tertipu, dan memuaskan. Kriteria yang memungkinkan digunakan untuk menganalisis teks iklan adalah sebagai berikut :

Struktur isi

Struktur isi sebuah teks iklan menurut Bolen (1984) pada dasarnya berupa :

–Butir utama

–Badan

–Penutup

Struktur bahasa

Struktur bahasa teks iklan menurut Stan Rapp dan Tpm Collisns (1995) berfungsi untuk :

–Menggugah  => mencermati kebutuhan konsumen, memberikan solusi, dan memberikan perhatian.

–Informatif => kata-kata harus jelas, bersahabat, komunikatif, dan tidak bertele-tele.

Persuasif => rangkaian kalimatnya membuat konsumen nyaman, senang, tentram, dan menghibur

Leave a Comment