Topik B: Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi

Tujuan Pembelajaran Topik B adalah peserta didik dapat memahami kebutuhan tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis serta hasil dari fotosintesis. Peserta didik dapat memahami dampak proses fotosintesis dan mengaitkan dengan pentingnya menjaga tumbuhan di Bumi. Peserta didik dapat mengaitkan proses fotosintesis dengan makhluk hidup lain.

Fotosintesis adalah proses yang sangat penting, tidak hanya bagi tumbuhan namun bagi makhluk hidup di Bumi. Pada topik ini, diharapkan peserta didik dapat dapat menyadari pentingnya fotosintesis bagi kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada di Bumi. Baik itu untuk sumber oksigen juga sebagai sumber makanan. Hewan-hewan karnivora mungkin tidak menggunakan tumbuhan sebagai sumber makanan. Namun, mereka memangsa hewan herbivora yang kelangsungan hidupnya bergantung pada tumbuhan.

Fotosintesis, Proses Paling Penting di Bumi

Manusia dan hewan akan mencari makanan jika merasakan lapar. Hewan akan bergerak mencari mangsa. Manusia akan memasak atau pergi membeli kebutuhannya. Lalu, bagaimana dengan tumbuhan? Makhluk hidup ini tidak berpindah-pindah tempat seperti kita. Tidak juga memiliki mulut. Namun, sama seperti semua makhluk hidup lainnya, tumbuhan juga membutuhkan makanan. Caranya melalui proses fotosintesis.

Mari Mencoba

Mengamati Fotosintesis

Alat dan bahan:

1. gelas atau mangkok bening 1 buah;

2. daun segar 1 lembar;

3. air.

Cara Kerja:

1. Petiklah 1 lembar daun segar yang ada di sekitar halaman sekolah kalian.

2. Simpanlah daun segar ke dalam gelas bening.

3. Isi gelas dengan air sampai daun terendam.

4. Simpan gelas di bawah sinar matahari.

5. Diamkan selama 15-30 menit.

6. Diskusikanlah pertanyaan berikut setelah kalian selesai melakukan percobaan.

a. Apa yang terlihat pada daun?

Pada daun terdapat gelembung udara

b. Apa kaitan percobaan ini dengan proses fotosintesis?

Pada percobaan ini gelembung adalah bukti bahwa daun melakukan fotosintesis.

Kosa Kata Baru

  1. karbon dioksida: gas yang dikeluarkan/diembuskan oleh manusia danhewan saat bernafas
  2. oksigen: gas yang diperlukan/dihirup oleh manusia dan hewan untukbernafas

Bagaimana tumbuhan mendapatkan makanannya?

Proses fotosintesis pada tumbuhan dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Tahap pertama: yang dibutuhkan tanaman untuk berfotosintesis 

a. Matahari.

Matahari merupakan sumber energi cahaya dan panas. Tumbuhan menggunakan energi cahaya pada matahari untuk melakukan proses fotosintesis.

b. Air

Akar berfungsi untuk menyerap air dari dalam tanah. Air kemudian disalurkan oleh batang dan sampai ke daun.

c. Karbon dioksida

Manusia dan hewan mengeluarkan karbondioksida saat mengembuskan nafas. Karbon dioksida ini kemudian diserap oleh tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.

d. Klorofil

Daun memiliki warna alami hijau. Warna ini disebut sebagai klorofil.

2. Tahap kedua: memasak

Setelah semua bahan terkumpul, daun akan memasak bahan-bahan tersebut  (proses ini terjadi di bagian daun yang bernama kloroplas).

3. Tahap ketiga: hasil masakan

a. Hasil masakan di daun (fotosintesis) yaitu karbohidrat (makanan). Makanan ini kemudian disalurkan oleh batang ke seluruh bagian tumbuhan dan dipakai untuk tumbuh. Kelebihan makanan disimpan dalam bentuk buah atau umbi (seperti wortel, singkong, dan kentang)

b. Selain makanan, fotosintesis juga menghasilkan oksigen. Oksigen ini kemudian dilepaskan oleh daun ke udara. Manusia dan hewan menghirup oksigen untuk bernapas.

Walaupun tumbuhan menghasilkan oksigen, namun ia juga membutuhkan oksigen untuk melakukan respirasi. Hasil dari respirasi ini merupakan energi yang dipakainya untuk tumbuh. Kurang lebih 70% sumbangsih oksigen di Bumi terbesar dihasilkan oleh tumbuhan laut (fitoplankton, alga, dan rumput laut). Hutan hujan sekitar 28%. Sisanya dihasilkan oleh sumber lainnya.

Mari Mencoba

Pelajari kembali infografis mengenai proses fotosintesis di atas. Lalu, kerjakan tugas berikut.

1. Cobalah untuk membuat ilustrasi tahapan proses fotosintesis pada daun. Perhatikan nomor-nomor pada infografis untuk membantu kalian membuat ilustrasi.

2. Tambahkan keterangan pada ilustrasi yang kalian buat. Berikut adalah contoh cara membuat ilustrasi untuk tahapan paling awal pada proses fotosintesis.

Fotosintesis

Pentingnya Fotosintesis

Adanya fotosintesis membuat makhluk hidup bisa bernapas dan makan. Inilah yang membuat tanaman menjadi sangat penting di Bumi ini. Manusia dan hewan bergantung kepadanya.

Semua tumbuhan yang kita makan bisa kita nikmati karena adanya proses fotosintesis. Agar sayur tumbuh besar dan siap dipanen, tanaman harus tumbuh besar terlebih dahulu. Hal ini tidak akan terjadi jika tanaman tidak melakukan fotosintesis. Menurut kalian, apakah hewan dan manusia bisa makan jika tanaman tidak melakukan fotosintesis?

Lakukan Bersama

1. Diskusikan dengan kelompok kalian pertanyaan berikut.

a. Darimana tumbuhan mendapatkan karbon dioksida untuk proses fotosintesis?

Gas karbondioksida diserap oleh daun. Gas ini merupakan gas yang dihembuskan manusia dan hewan saat bernapas. Karbondioksida juga dihasilkan dari pembakaran kendaraan bermotor, aktivitas pabrik, dan sebagainya.

b. Dari mana manusia mendapatkan oksigen untuk bernapas?

Manusia memperoleh oksigen yang dilepaskan oleh daun ke udara

c. Apa hubungan antara tumbuhan, manusia, dan hewan pada proses fotosintesis?

Hewan dan manusia bernapas menggunakan oksigen ( O2 ) hasil fotosintesis tumbuhan. Hewan dan manusia mengeluarkan karbon dioksida saat bernapas. Tumbuhan menyerap karbon dioksida untuk melakukan fotosintesis.

d. Mengapa proses fotosintesis adalah proses yang penting di Bumi?

Hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan dalam proses fotosintesis. Fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi karena menghasilkan makanan dan oksigen yang terdapat di atmosfir bumi.

2. Buatlah sebuah infografis yang menggambarkan: 

a. alur proses fotosintesis;

b. hasil dari proses fotosintesis;

c. hubungan proses ini dengan manusia dan hewan.

3. Buka kembali infografis pada halaman sebelumnya serta buku tugas kalian untuk membantu membuat gambar ini. Jangan lupa diberi warna.

4. Berbagilah peran dengan teman kelompok agar semua bisa berpartisipasi.

5. Jika sudah, bersiaplah untuk melakukan presentasi. Jelaskanlah hal berikut saat melakukan presentasi.

a. Bagaimana proses fotosintesis terjadi?

Tumbuhan mengambil energi cahaya dari matahari dan dimasukan ke dalam bagian kloroplas daun. Klorofil daun menangkap energi cahaya matahari. Akar menyerap air dari dalam tanah dan disalurkan oleh batang sampai ke daun. Daun menyerap karbondioksida dari udara. Setelah semua bahan terkumpul daun akan memasak di bagian kloroplas. Hasil masakan daun yaitu karbohidrat (makanan) dan oksigen.

b. Apa hubungan tumbuhan, manusia, dan hewan dalam proses fotosintesis?

Hewan dan manusia bernapas menggunakan oksigen ( O2 ) hasil fotosintesis tumbuhan. Hewan dan manusia mengeluarkan karbon dioksida saat bernapas. Tumbuhan menyerap karbon dioksida untuk melakukan fotosintesis.

c. Mengapa proses fotosintesis adalah proses yang sangat penting? 

Hampir semua makhluk hidup bergantung pada energi yang dihasilkan dalam proses fotosintesis. Fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi karena menghasilkan makanan dan oksigen yang terdapat di atmosfir bumi.

Mari Refleksikan

1. Jika dilihat dari cara mendapatkan makanannya, apa perbedaan tumbuhan dengan manusia dan hewan?

Manusia dan hewan mencari dan mendapatkan makanan dari hewan atau tumbuhan. Untuk mendapatkan makanan mereka perlu bergerak, berburu, dan mengolah/masak (khusus manusia). Tumbuhan menghasilkan makanannya sendiri.

2. Apa yang dibutuhkan tanaman untuk melakukan proses fotosintesis?

Cahaya matahari, air, karbondioksida, dan klorofil.

3. Apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?

Makanan (karbohidrat) dan oksigen.

4. Mengapa proses fotosintesis adalah proses yang sangat penting?

Karena dengan fotosintesis tumbuhan menghasilkan oksigen untuk makhluk hidup bernapas. Tumbuhan juga menghasilkan makanan yang merupakan sumber makanan dari manusia dan hewan.

5. Sikap apa yang perlu kita lakukan terhadap tumbuhan setelah kamu mempelajari topik ini?

Sikap kita terhadap tumbuhan adalah sikap untuk menjaga dan merawat tumbuhan serta alam, termasuk menjaga ekosistem laut.

Demikian pembahasan mengenai Topik B: Fotosintesis, Proses Paling  Penting di Bumi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas IV, Kemendikbud

Leave a Comment