Topik C 2 Penyebaran Bij Tumbuhan

Pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar Bab I Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi terdapat topik Topik C 2 Penyebaran Bij Tumbuhan. Tujuan kegiatan ini adalah peserta didik bisa mendeskripsikan macam-macam cara penyebaran biji.

Dengan mempelajari cara penyebaran biji, diharapkan peserta didik dapat mengelaborasikan kembali dengan pelajaran ekosistem yang sudah dipelajari di kelas 3. Penyebaran biji dan penyerbukan memperlihatkan interaksi antara sesama makhluk hidup dan komponen abiotik di suatu ekosistem. peserta didik dapat merefleksikannya dengan melihat keteraturan yang sudah diciptakan oleh Sang Pencipta dan sikap apa yang perlu ditunjukkan oleh manusia untuk menjaga keteraturan ini. 

Penyebaran Bij Tumbuhan

Tumbuhan perlu untuk menyebarkan bijinya. Jika tidak disebar, maka tumbuhan baru akan tumbuh dekat pada tanaman induknya dan bisa terjadi persaingan dalam mendapatkan air, nutrisi dari tanah, serta ruang gerak untuk tumbuh. Tanaman baru juga bisa tertutupi oleh induknya sehingga sulit mendapatkan Matahari. Selain itu makhluk hidup lain yang membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanan dan tempat berlindung juga mendapat manfaat dengan adanya penyebaran biji. Ada beberapa cara penyebaran biji di alam yaitu dengan bantuan hewan, angin, dan air. Gravitasi juga berperan dalam penyebaran biji. Buah yang sudah matang akan semakin berat, sehingga tangkainya tidak lagi kuat menahan, akhirnya buah jatuh ke bawah.

Lakukan Bersama

Siapkan buku tugas dan diskusikanlah bersama teman kelompok mkalian gambar-gambar berikut.

a. Mengapa Perlu Penyebaran Biji?

Perhatikan gambar berikut! Manakah menurut kalian gambar lingkungan yang lebih baik untuk biji tumbuh? Apakah gambar A atau gambar B? Mengapa?

Gambar A memperlihatkan area yang padat. Semakin padat maka akan terjadi persaingan makanan, air yang tersedia dipakai untuk memenuhi kebutuhan tanaman yang semakin banyak. Tanaman yang besar akan menutupi cahaya Matahari bagi tanaman yang baru tumbuh. Area untuk tumbuh juga akan semakin sempit. Biji perlu disebar agar bisa tumbuh dengan baik dan tidak bersaing dengan induknya.

b. Bagaimana Cara Biji Menyebar?

Tanaman tidak bisa berpindah tempat seperti kita dan hewan. Lalu, bagaimana tanaman bisa menyebarkan bijinya? Cobalah pelajari gambar pada cara 1-5 untuk melihat berbagai cara penyebaran biji!

Cara Penyebaran Biji

Jawablah pertanyaan ini untuk setiap gambar

1. Bagaimana biji-biji tanaman tersebut bisa disebar?

Biji-bijian tanaman tersebut dapat tersebar dengan bantuan hewan, angin dan air.

2. Tanaman seperti apa yang bisa disebar dengan cara seperti cara 1-5?

Tanaman yang dapat disebar dengan cara 1 – 5 adalah tanaman berbuah, tanaman yang bijinya ringan, tanaman yang hidup di air, tanaman dengan biji berduri, dan tanaman yang berbuah dan berbiji.

3. Untuk cara 1-3, hewan apa saja yang menurut kalian bisa berperan sebagai penyebar biji?

Cara 1 dapat disebarkan melalui hewan pemakan buah dan cara 3 dapat dilakukan oleh arus air.

Cara MetodeContoh cara penyebaran bijiContoh tanamanHewan
Cara 1 (bantuan hewan)Hewan memakan buah-buahan. Bagian yang dimakan adalah daging buahnya. Hewan ini akan membuang biji yang tidak dimakannya. Tanaman berbuahHewan pemakan buah
Cara 2 (bantuan angin)Bunga dandelion memiliki biji-biji yang ringan. Biji-biji itu akan tertiup terbawa angin dan jatuh di tempat lain.Tanaman yang bijinya ringan, halus, dan mudah lepas dari tanamannya
Cara 3 (bantuan air)Tumbuhan yang hidup di tempat berair seperti pantai, danau, sungai, dibantu oleh air untuk penyebaran bijinya. Buah kelapa akan terbawa oleh arus air laut dan terdampar di tempat yang lainTanaman yang hidup di daerah air. Umumnya buah akan mengambang sehingga bisa ikut terbawa arus air
Cara 4 (bantuan hewan)Biji-biji yang berjarum kecil mudah menempel di bulu kelinci. Kelinci hewan yang suka masuk ke semak-semak tumbuhan. Saat kelinci berlompat dan berlari, biji akan jatuh dan tersebar.Tanaman dengan biji berduri-duri yang bisa menempel di bulu seperti rumput jarum.Hewan berbulu
Cara 5 (bantuan hewan)Gajah hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Badannya yang besar membuatnya juga memerlukan makanan yang banyak. Biji buah akan keluar bersama kotorannya. Saat itu gajah sudah berada di tempat yang lain dan biji tersebar dari induknya.Tanaman berbuah dan berbijiHewan pemakan buah yang suka bergerak dan berpindah-pindah tempat, seperti burung.

Mari Refleksikan

1. Mengapa tumbuhan perlu menyebarkan bijinya?

Agar bisa tumbuh di lingkungan yang baik, tidak mengalami persaingan dengan induknya, dan mendapatkan akses ke cahaya Matahari.

2. Apa manfaat bagi makhluk hidup lain dengan adanya penyebaran biji?

Sumber makan untuk hewan-hewan tersebar di banyak tempat. Hewan-hewan juga bisa menggunakan tumbuhan sebagai tempat berlindung. Manusia bisa mendapat udara segar. 

3. Apa saja yang membantu tumbuhan menyebarkan bijinya?

Hewan, angin, air, dan tumbuhan itu sendiri (pecahnya kulit biji/buah)

4. Setelah mempelajari penyerbukan dan penyebaran biji, menurutmu apa yang  dibutuhkan oleh tumbuhan dari manusia

Merawat dan menjaga keteraturan yang sudah ada. Manusia juga bisa membantu penyebaran biji dan penyerbukan. Maksudnya keteraturan adalah tanpa campur tangan manusia alam sudah memiliki cara sendiri untuk bertahan hidup. Manusia dengan akal yang diberikan perlu mencari cara agar keteraturan ini tetap terjaga

Demikian pembahasan mengenai Topik C 2 Penyebaran Bij Tumbuhan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas IV, Kemendikbud

Leave a Comment