Topik C1 Proses Penyerbukan pada Bunga

Pada pembelajaran IPAS kelas IV sekolah dasar Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi terdapat materi Topik C1 Proses Penyerbukan pada Bunga. Tujuan pembelajaran pada topik ini adalah peserta didik bisa mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan fungsinya. Peserta didik bisa mendeskripsikan cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga. Peserta didik bisa mendeskripsikan macam-macam cara penyebaran biji. Peserta didik bisa mengaitkan hubungan makhluk hidup lain dan komponen abiotik dalam membantu perkembangbiakan tumbuhan.

Pada tumbuhan berbunga, perkawinan (generatif) terjadi saat proses penyerbukan. Penyerbukan yaitu bertemunya benang sari (alat kelamin jantan pada bunga) dengan putik (alat kelamin betina pada bunga). Setelah itu, akan terjadi proses pembuahan, yaitu peleburan sel jantan dan sel telur. Setelah pembuahan terjadi, bunga akan layu dan gugur, diikuti perkembangan bakal biji menjadi biji yang dilindungi oleh kulit. Tumbuhan memerlukan bantuan untuk penyerbukan, seperti dari serangga, angin, bahkan manusia.

Pada perkembangbiakan vegetatif (tidak kawin), keturunan dihasilkan dari 1 induk. Hasilnya, keturunan memiliki sifat identik dengan induknya. Biasanya terjadi karena ada modifikasi akar, batang, atau daun. Contoh vegetatif alami sebagai berikut (Winarsih, 2019):

  1. Tunas. Pada tumbuhan seperti pisang dan bambu, batang yang ada dalam tanah dapat berkembang membentuk tunas. Tunas akan tumbuh dekat dengan induknya dan tumbuh menjadi tanaman baru. Ada juga tunas yang tumbuh di tempat selain itu sehingga disebut tunas liar (tunas adventif) contohnya pada tanaman cocor bebek dan sukun. 
  2. Spora. Tanaman paku menggunakan spora untuk berkembang biak. Letak spora ada di bagian bawah tumbuhan. Spora yang jatuh di tempat yang cocok akan tumbuh menjadi tanaman yang baru.
  3. Umbi. Bagian ini sebenarnya adalah cadangan makanan yang disimpan dalam batang atau akar. Jika umbi ini ditanam, maka dapat keluar tunas baru. Contoh: kentang (umbi batang), singkong (umbi akar), dan bawang merah (umbi lapis). 

Manusia mengembangkan vegetatif buatan untuk menghemat waktu, cepat memberikan hasil, dan mempunyai sifat yang sama dengan induknya. Contoh vegetatif buatan selain setek dan cangkok (Winarsih, 2019):

  1. Sambung. Disebut juga mengenten, perkembangbiakan dengan cara menyambung batang 2 tumbuhan yang jenisnya sama, tetapi kualitasnya berbeda. Tujuannya untuk memperoleh kualitas tanaman yang lebih baik.
  2. Merunduk. Teknik berkembang biak dengan cara merundukkan batang tanaman ke tanah agar tumbuh akar. Setelah akar timbul, batang bisa dipotong. Contohnya pada alamanda.

Ada juga cara perkembangbiakan tumbuhan secara buatan. Cara ini dikembangkan manusia dengan ilmu dan perkembangan teknologi yang dimilikinya. 

Cangkok dan setek adalah salah satu cara perkembangbiakan buatan. Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan di berbagai macam tanaman Apakah kalian pernah mencobanya?

Keuntungan dengan perkembangbiakan buatan adalah kita bisa menghemat waktu. Hal ini karena kita tidak menanam langsung dari biji, namun dari batang yang sudah tumbuh, bahkan sudah berbuah. Ini akan sangat menguntungkan bagi para petani buah. 

C.1 Proses Penyerbukan

Bunga Sempurna dan Tidak Sempurna

Benang sari dan putik adalah alat perkembangbiakan tumbuhan.  Benang sari dan putik bisa terletak dalam 1 bunga yang sama. Ini dinamakan bunga sempurna. Namun, ada bunga yang benang sari dan putik terpisah dalam bunga yang berbeda. Ini disebut bunga tidak sempurna.

a. Bunga Sempurna

Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki dua organ reproduksi, yakni putik dan benang sari. Bagian-bagian bunga sempurna secara lengkap adalah sebagai berikut:

Bunga Sempurna
  1. Tangkai Bunga. Tangkai bunga yang merupakan bagian bunga yang berada pada bagian bawah bunga. Fungsi tangkai bunga ialah penghubung antara bunga dengan ranting dan tangkai bunga juga berfungsi sebagai penopang bunga.
  2. Dasar Bunga. Dasar bunga berada pada bunga bagian bawah yaitu di atas tangkai bunga. Dasar bunga berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.
  3. Kelopak Bunga. Kelopak bunga merupakan bagian bunga paling luar yang menyelimuti mahkota ketika masih kuncup. Fungsi dari kelopak bunga adalah melindungi mahkota bunga ketika masih kuncup dan akan terbuka jika mahkota mekar.
  4. Mahkota Bunga. Mahkota bunga yang merupakan bagian bunga yang paling indah dan berwarna-warni. Mahkota bunga sering disebut dengan perhiasan bunga. Keindahan mahkota bunga sangat menarik bagi serangga untuk hinggap dan membantu proses penyerbukan.
  5. Serbuk sari. Benang sari merupakan alat kelamin jantan sebagai alat perkembangbiakan bunga yang terdiri dari tangkai sari, kepala sari dan serbuk sari. Serbuk sari atau pollen biasanya menempel di tubuh hewan, terbawa angin, dsb
  6. Putik. Putik merupakan alat kelamin betina, ujung putik disebut kepala putik.
  7. Bagian putik yang panjang disebut tangkai putik. Bakal buah terdapat pada bagian bawah putik. 
  8. Bakal Biji. Bakal biji berfungsi melindungi sel telur dan menjadi tempat pertemuan antara sel-sel telur yang akan dibuahi..

b. Bunga Tidak Sempurna

Bunga tidak sempurna adalah jenis bunga yang hanya memiliki satu organ reproduksi. Bunga tidak sempurna hanya memiliki putik atau benang sari, tidak seperti bunga sempurna yang memiliki keduanya

Bunga Jantan

Contoh bunga sempurna adalah bunga stroberi, pepaya, salak, jagung, melinjo, kelapa, pakis haji, dan bunga kembang sepatu.

Kosa Kata Baru

serbuk sari: serbuk yang berasal dari benang sari dan terdapat di bagian kepala sari.

Mari Mencoba

1. Bagaimana tumbuhan berbunga berkembang biak? Mari kita baca dahulu teks berikut. Lalu, jawab pertanyaannya.

Hubungan antara Serangga dan Bunga

Pernahkah kalian melihat lebah yang terbang di sekitar bunga? Serangga ini senang sekali dengan bunga. Bagaimana tidak? Bunga adalah sumber makanannya. Serangga ini senang sekali dengan nektar atau sari bunga. Warna bunga yang cerah dan aromanya yang harum memikat para serangga untuk hinggap di bunga. 

Lebah dan serangga lainnya kemudian asyik menikmati sari bunga yang lezat. Ketika itu, serbuk sari akan menempel pada tubuh serangga. Ada yang menempel di ekornya, di sayapnya, atau di sekitar mulutnya. Setelah selesai menikmati nektar di bunga ini, lebah dan serangga akan terbang ke bunga yang lain. 

Saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga. Lalu, terjadilah yang namanya penyerbukan. Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel di kepala putik. Ini adalah cara perkembangbiakan tumbuhan berbunga. 

Apa yang terjadi setelah proses penyerbukan? Dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya. Walaupun tanaman tidak punya kaki untuk berpindah tempat, namun ada serangga dan hewan-hewan yang membantu tumbuhan berkembang biak.

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks.

a. Mengapa serangga senang hinggap di bunga?

Serangga senang hinggap di bunga karena nektar atau sari bunga adalah sumber makanannya.

b. Apa itu proses penyerbukan?

Penyerbukan adalah ketika benang sari menempel di kepala putik.

c. Bagaimana cara serangga membantu proses penyerbukan?

Saat serangga menikmati nektar di bunga yang baru, benang sari yang ada di tubuhnya akan jatuh ke putik bunga.

d. Apa yang terjadi pada bunga setelah proses penyerbukan?

Setelah terjadi penyerbukan dalam putik akan tumbuh yang namanya biji. Biji inilah yang nanti bisa dipakai tanaman untuk memperbanyak jenisnya.

2. Setelah mempelajari teks sebelumnya, buatlah sebuah komik 4 strip yang bercerita tentang penyerbukan. Dalam komik tersebut sertakanlah:

a. serangga yang mencari makan di bunga;

b. serbuk sari yang menempel pada serangga;

c. serbuk sari yang jatuh di kepala putik saat serangga mencari makan;

d. bunga yang berubah menjadi buah setelah adanya proses penyerbukan.

Komik

3. Saling bertukarlah komik dengan masing-masing teman kalian. Bacalah komik yang sudah dibuat teman kalian dengan saksama! 

4. Selesai membaca, sampaikan kepada teman kalian apa yang kalian suka dari komik buatannya

Mari Refleksikan

1. Bagaimana cara tumbuhan berbunga berkembang biak?

Dengan cara penyerbukan.

2. Bagian bunga apa yang berperan dalam proses perkembangbiakan?

Serbuk sari dan kepala putik.

3. Apa peran hewan dalam perkembangbiakan tumbuhan?

Membantu proses penyerbukan. Hewan pemakan nektar membantu menempelnya serbuk sari di kepala putik.

4. Selain melalui serangga, menurutmu apalagi yang bisa membantu terjadinya proses penyerbukan? 

Bisa melalui burung dan angin.

5. Apa yang terjadi pada bunga setelah melakukan perkembangbiakan?

Bunga akan berkembang menjadi biji atau buah.

Demikian pembahasan mengenai Topik C1 Proses Penyerbukan pada Bunga. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Sumber : Buku IPAS Kelas IV, Kemendikbud.

Leave a Comment