Unduh Modul Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas IV

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mencakup lima elemen yaitu; Al-Qur’an, akidah, akhlak, fiqih, dan sejarah peradaban Islam. Kelima elemen tersebut terdistribusikan dalam semester satu dan semester secara seimbang. Muatan materinya disesuaikan pada ruang lingkup anak usia sekolah dasar.

Pada elemen Al-Qur’an, materinya meliputi surah atau ayat pendek yang selaras dengan jenjang kelasnya. Elemen akidah berisi pengenalan secara mendasar tentang rukun Iman dan asmaulhusna.Elemen akhlak mengenai akhlak terpuji yang harus ditanamkan sejak dini, seperti jujur, disiplin, amanah, suka menolong dan lain sebagainya.

Elemen fikih peserta didik diajari tentang ibadah sehari-hari, seperti cara bersuci, wudu’, salat, puasa. Elemen Sejarah Peradaban Islam meliputi kisah beberapa rasul dan sahabat Nabi saw.

A. Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase B, peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, dan mempraktikkannya dalam bacaan surah-surah pendek Al-Qur’an. Peserta didik juga mengenal definisi Al-Qur’an dan hadis secara sederhana dan mampu menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari dalam ungkapan-ungkapan positif baik untuk dirinya maupun sesama manusia, terutama orang tua dan guru.

Peserta didik juga mampu menjelaskan sifat-sifat wajib, jaiz dan mustahil bagi Allah. Peserta didik juga memahami pentingnya cinta ilmu dan pentingnya berpengetahuan luas dengan senang membaca. Peserta didik juga mengenal para nabi dan rasul Allah Swt., dan kitab-kitab yang wajib diimani.

Peserta didik mulai memahami arti perbedaan dan penekanan kembali akan adanya keragaman sebagai sebuah ketentuan dari Allah Swt. (sunnatullâh) sehingga memberikan pengalaman baru yang berharga untuk mereka. Peserta didik mulai mengenal norma yang ada di lingkungan sekitarnya dan lingkungan yang lebih luas.

Peserta didik juga terbiasa percaya diri mengungkapkan pendapat pribadinya dan memahami pentingnya pelaksanaan musyawarah untuk mencapai kesepakatan tertentu serta pentingnya persatuan. Pada aspek ibadah, peserta didik mampu melaksanakan salat fardu dan salat sunah rawatib serta puasa dengan baik, serta mampu mempraktikkan ajaran memberi dalam lingkungan sosial yang beragam.

Dalam pemahamannya tentang sejarah, peserta didik mampu menceritakan kisah-kisah beberapa nabi serta masa remaja Nabi Muhammad saw. hingga beliau diutus menjadi rasul dan membangun Kota Madinah

B. Profil Pelajar Pancasila

Peserta didik menjadi pribadi yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Pemahaman Agama /Kepercayaan Mengenal unsur-unsur utama agama/kepercayaan (ajaran, kitab suci, simbol-simbol, hari-hari dan hal-hal yang suci, sejarah agama, dan orang suci) dan menjadi pribadi yang mandiri.

C. Capaian Pembelajaran pertahun Kelas 4

Semester 1 (Durasi 18 Pekan/ 72 Jam Pelajaran)

  1. Membaca Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dan hadis terkait keragaman sebagai sunnatullah dengan tartil, menulis Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis terkait dengan baik dan benar. Menjelaskan pesan pokok Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis terkait keragaman sebagai sunnatullah, menghafal Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 dan Hadis terkait dengan lancar, dapat membuat paparan yang berisi Q.S. al-Ḥujurāt/49:13 tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait, berani mempresentasikan paparan Q.S.al Ḥujurāt/49:13tentang keragaman sebagai sunnatullah dan Hadis terkait, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil, menghargai keragaman dan perbedaan sebagai sunatullah. (Durasi 5 Pekan/ 20 Jam Pelajaran)
  2. Menjelaskan arti Asmaul Husna al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, AsSalām dan al-Mu’min, dapat membuat karya berupa kaligrafi al-Mālik, al-Azīz, al-Quddūs, As-Salām dan al-Mu’min beserta artinya secara berkelompok sehingga meyakini adanya Allah SWT. yang Maharaja, Mahamulia, Mahasuci, Mahasejahtera, Maha Pemberi keamanan, suka berbuat mulia dan menciptakan kedamaian. (Durasi 3 Pekan/ 12 Jam Pelajaran)
  3. Mendeskripsikan keragaman sebagai sunnatullah agar Saling Mengenal (litaʿārafū), menyebutkan ajaran kebaikan dari Agama Islam dan Agama selain Islam, serta menghormati orang lain, dapat mengungkapkan perasaan mengenai pengalaman bergaul dengan teman yang berbeda agama, sehingga dapat meyakini bahwa keragaman sebagai sunnatullah, menghormati orang lain sebagai cerminan dari iman, saling menghormati dan menghargai pemeluk agama yang berbeda baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya. (Durasi 3 Pekan/ 12 Jam Pelajaran
  4. Menyebutkan tanda-tanda usia balig atau kedewasaan, dapat membuat paparan mengenai tanda-tanda usia baligh dalam pandangan ilmu fikih dan ilmu biologi, sehingga tertanam sikap bersyukur, taat beribadah dan bertanggung jawab. (Durasi 4 Pekan/ 16 Jam Pelajaran)
  5. Menceritakan kisah peristiwa hijrah Nabi ke Madinah, dapat membuat alur cerita kisah perjalanan hijrah melalui gambar dan keterangan sederhana, sehingga dapat meyakini kisah Nabi Muhammad, meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat, percaya diri, teguh pendirian dan bertanggung jawab. (Durasi 3 Pekan/ 12 Jam Pelajaran)

Semester 2 (Durasi 18 Pekan/ 72 Jam Pelajaran

  1. Membaca Q.S. At-Tīn dengan tartil, memahami hukum bacaan Nun sukun atau Tanwin, serta hadis tentang silaturahmi, dapat menulis Q.S. At-Tīn, serta hadis tentang silaturahmi, menjelaskan pesanpesan pokok Q.S. At-Tīn dengan baik, dapat menghafal Q.S. At-Tīn serta hadis tentang silaturahmi dengan lancar, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sikap senang bersilaturahmi dan menjalin persahabatan. (Durasi 5 Pekan/ 20 Jam Pelajaran)
  2. Menjelaskan arti iman kepada Rasul, menyebutkan sifat-sifat Rasul, dapat membuat karya poster tentang keteladanan sifat rasul sidiq, amanah, tabligh, dan fathonah, sehingga meyakini adanya rasul Allah SWT., berani, jujur, dapat dipercaya, dan cerdas. (Durasi 3 Pekan/ 12 Jam Pelajaran)
  3. Menjelasakan makna salam, sikap senang menolong orang lain, ciri-ciri munafik, dapat membuat paparan mengenai salam, sikap senang menolong orang lain, dan ciri-ciri munafik, sehingga meyakini bahwa salam, senang menolong orang lain dan menjauhi cii-ciri orang munafik adalah cerminan dari iman, toleran dan simpati dengan dilandasi pemahaman akidah yang kuat. (Durasi 3 Pekan/ 12 Jam Pelajaran)
  4. Menjelaskan ketentuan dan tata cara salat Jumat, salat duha dan salat tahajud, dapat mempraktikkan ibadah salat Jumat, salat duha dan salat tahajud, sehingga dapat tertanam perilaku taat beribadah dan berserah diri kepada Allah. (Durasi 4 Pekan/ 16 Jam Pelajaran)
  5. Menceritakan kisah Nabi Muhammad membangun Kota Madinah, dapat membuat paparan mengenai kisah Nabi Muhammad membangun Kota Madinah dengan mempersaudarakan umat, sehingga dapat meyakini kisah nabi Muhammad, meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat, toleran, teguh pendirian dan menghargai perbedaan. (Durasi 3 Pekan/ 12 Jam Pelajaran)
Berikut ini saya bagikan modul Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam format file PDF sebesar 26 mb. Bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan silahkan unduh DI SINI

Leave a Comment